Review Sinopsis Film Me Before You 2016
in

Review Sinopsis Film Me Before You (2016), Cinta Tak Memandang Fisik

Romansa Antara Gadis Periang dan Pria Penyandang Disabilitas

Wekepo.comFilm Me Before You, Diadaptasi dari seri novel romansa terkenal karya Jojo Moyes, Me Before You adalah salah satu film romansa yang layak untuk masuk daftar tontonanmu.

Me Before You menceritakan tentang kisah cinta yang terjalin antara seorang gadis yang ceria dengan seorang pria penyandang disabilitas. Film ini disutradarai oleh Thea Sharrock, dan naskahnya ditulis sendiri oleh Jojo Moyes.

Deretan para pemain film Me Before You, di antaranya yaitu Emilia Clarke yang berperan sebagai Louisa “Lou” Clark, Sam Claflin sebagai William “Will” Traynor, Janet McTeer sebagai Camilla Traynor, Charles Dance sebagai Steven Traynor, Brendan Coyle sebagai Bernard Clark, Steve Peacocke sebagai Nathan, Matthew Lewis sebagai Patrick, Jenna Coleman sebagai Katrina “Treena” Clark, Samantha Spiro sebagai Josie Clark, Vanessa Kirby sebagai Alicia, serta Ben Lloyd-Hughes sebagai Rupert Collins.

Sutradara Thea Sharrock
Penulis NaskahJojo Moyes
Adaptasi dariMe Before You by Jojo Moyes
Tanggal Rilis
  • 23 Mei 2016 (New York City)
  • 3 Juni 2016 (United Kingdom and United States)
Durasi Tayang110 menit
Asal Negara
  • United States
  • United Kingdom
Bahasa English
Didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures
Tema / Genre Romantis, Drama

Berikut ini adalah sinopsis film Me Before You.

Sinopsis Film Me Before You

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Kisah dalam film Me Before You dimulai dengan menampilkan salah satu tokoh utama dalam film ini, yaitu seorang pria muda bernama William “Will” Traynor. Will merupakan seorang bankir sukses yang kaya dan mapan. Ia juga memiliki hubungan personal yang harmonis dengan kekasihnya, Alicia.

Suatu hari, ketika Will sedang bersama dengan Alicia, ia mendapatkan panggilan dari kantornya yang meminta ia untuk segera datang ke kantor. Ketika dalam perjalanan ke kantor, Will melintasi jalan sambil melakukan panggilan telepon.

Oleh karena itu, Will tidak menyadari ketika tiba-tiba ia melangkah di depan sebuah sepeda motor yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi ke arahnya. Pengendara sepeda motor itu tak sempat mengendalikan laju motornya untuk menghindari Will, sehingga kecelakaan pun tak terhindarkan.

Tabrakan yang terjadi seketika membuat Will mengalami luka yang amat fatal. Ia tidak sadarkan diri dan segera dibawa ke rumah sakit.

Setelah menjalani perawatan intensif, Will bisa kembali pulih. Namun, akibat kecelakaan itu, Will menderita kelumpuhan permanen karena benturan keras yang terjadi pada bagian vital di tulang belakangnya.

Will tak lagi bisa menggerakkan hampir sebagian besar bagian tubuhnya, yakni mulai dari leher hingga ujung kaki. Sejak itu, ia pun harus menggunakan kursi roda elektrik untuk bergerak. Ia juga selalu harus mendapat perawatan khusus untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Will kerap menghabiskan waktunya dengan perawat medisnya yang bernama Nathan. Namun, tugas Nathan hanya sebatas memberi tindakan medis dan perawatan fisik pada Will, dan tidak selalu bisa menemaninya sepanjang waktu.

baca: Review Film Sense and Sensibility (1995), Cinta Dua Gadis Keluarga Miskin

Oleh karena itu, dua tahun setelah kecelakaan itu, keluarga Will berusaha mencarikannya seorang asisten personal yang bisa membantu dan menemani Will. Salah satu orang yang melamar untuk pekerjaan sebagai asisten personal Will adalah seorang gadis muda bernama Louisa “Lou” Clark.

Lou adalah seorang gadis yang sangat ramah dan periang. Ia tinggal bersama keluarganya yang berasal dari latar belakang sederhana.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Sebelumnya, Lou bekerja sebagai seorang pelayan di sebuah kafe. Setelah kehilangan pekerjaannya di kafe itu, Lou berusaha mencari pekerjaan baru demi bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarganya.

Meskipun Lou belum memiliki pengalaman kerja sebagai perawat maupun asisten personal bagi seseorang, ibu Will memutuskan untuk mempekerjakan Lou karena kepribadian gadis itu yang periang. Ia berharap keceriaan Lou akan menular pada Will yang semenjak kecelakaan itu selalu terlihat murung dan sama sekali tak bersemangat untuk menjalani hidupnya lagi.

Ketika Lou mulai memasuki kehidupan Will, Will bersikap sangat dingin pada Lou yang memiliki kepribadian yang berkebalikan dengan dirinya. Ia merasa marah karena melihat Lou adalah sosok yang sangat optimis dan hampir setiap saat selalu nampak ceria.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Meskipun merasa kesal dengan Will yang selalu menunjukkan sikap permusuhan padanya, Lou berusaha untuk menjadi lebih sabar dan bertahan menghadapi Will.

Dua minggu setelah Lou mulai bekerja, Will kedatangan dua orang tamu. Dua tamu itu adalah Rupert, mantan sahabat Will, dan Alicia, yang saat itu sudah menjadi mantan kekasih Will. Rupert dan Alicia memberitahu Will bahwa keduanya telah bertunangan.

Mendengar kabar ini, Will merasa sangat marah. Ia kemudian berusaha melampiaskannya dengan cara memecahkan sejumlah potret yang ada di atas laci mejanya. Film Me Before You

Keesokan harinya, saat melihat pecahan dari potret yang dihancurkan oleh Will, Lou berusaha memperbaikinya. Tetapi, Will justru sangat geram dengan apa yang dilakukan oleh Lou dan akhirnya terjadi adu mulut di antara mereka berdua.

Hari berikutnya, Will tiba-tiba meminta Lou untuk menemaninya menonton sebuah film berbahasa asing yang menggunakan subtitle. Lou pun dengan terpaksa memenuhi permintaan Will ini.

Sejak hari itu, baik Will dan Lou seakan akhirnya mulai memiliki kesempatan untuk melihat sisi lain dalam diri masing-masing dari mereka. Mereka menjadi semakin dekat dan akhirnya menjalin pertemanan yang akrab.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Will dan Lou semakin jauh mengenal satu sama lain lewat berbagai percakapan yang terjadi di antara mereka setiap harinya. Lou mengetahui bahwa Will yang berasal dari kalangan ekonomi kelas atas itu gemar berpergian.

Di sisi lain, hidup Lou sendiri sangat jauh berbeda dari Will. Berasal dari latar belakang keluarga yang amat sederhana, Lou tidak pernah punya hobi atau kegemaran tertentu pada suatu hal secara khusus. Dia bahkan tidak pernah berpergian keluar dari kota yang menjadi tempatnya tumbuh selama ini.

Lou memiliki seorang kekasih bernama Patrick yang telah lama menjalin hubungan dengannya. Beberapa waktu belakangan itu, Patrick sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi olahraga cabang atletik yang akan berlangsung di negara Norwegia. Patrick memang selalu sangat terobsesi dengan kegemarannya berolahraga, dan kerap kali mengabaikan Lou karena hobinya ini.

Percakapannya dengan Will menggerakkan Lou untuk berusaha lebih memegang kendali atas kehidupannya dan mengeksplorasi berbagai hal baru yang belum pernah ia ketahui sebelumnya di dunia luar.

baca: 30+ Drama Korea Komedi Romantis 2020 Paling Rekomendasi Terpopuler Rating Tinggi

Sementara itu, kondisi kesehatan Will sendiri semakin memburuk sejak kecelakaan itu. Nathan kerap kali harus melakukan tindakan medis untuk mengobati Will. Lou lalu menyadari bahwa di pergelangan tangan Will terdapat sebuah luka bekas sayatan. Film Me Before You

Suatu saat, Lou tanpa sengaja mendengar perdebatan yang berlangsung di antara Will dan kedua orang tuanya. Will mengatakan bahwa ia hanya akan tinggal selama enam bulan ke depan sebelum ia pergi ke Swiss untuk mendaftar sebuah program yang menyediakan jasa pendampingan eutanasia, yaitu membunuh diri sendiri secara terencana.

Hal ini disebabkan karena Will tak ingin lagi menjalani sebuah hidup yang penuh dengan kesengsaraan dan ketergantungan terhadap orang lain, tanpa ada harapan ia bisa kembali ke kondisi semula.

Setelah mengetahui rencana Will ini, Lou pun kemudian bertekad untuk mengubah keputusan Will. Ia mengajak Will untuk berpetualang dan berpergian ke berbagai tempat yang indah demi menunjukkan pada Will bahwa hidup Will layak untuk dipertahankan.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Will pun akhirnya perlahan menjadi pribadi yang semakin terbuka dan hangat. Bersama dengan Nathan, mereka pergi menyaksikan pertandingan acara pacuan kuda. Namun, karena tidak berjalan sesuai dengan rencana, Lou akhirnya mengajak Will untuk justru pergi menonton pertunjukan musik klasik karya Mozart.

Di hari ulang tahun Lou, Will datang berkunjung ke rumahnya dan makan malam bersama seluruh anggota keluarga Lou. Ayah Lou lalu bercerita bahwa ia baru saja kehilangan pekerjaannya karena perusahaannya diambil alih oleh salah satu mitra bisnis Will.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Beberapa hari kemudian, ayah Lou lalu mendapat tawaran untuk bekerja di salah satu aset properti milik keluarga Will. Lou menyadari bahwa Will sengaja melakukan hal ini untuk membantu keluarganya dalam hal finansial.

baca: Sinopsis Film Pretty Woman (1990), Cerita Cinta Beda Latar Belakang

Lou dan Will pun menjadi semakin dekat, hingga membuat Patrick merasa cemburu. Setelah terjadi perselisihan antara Lou dan Patrick, mereka berdua sepakat untuk mengakhiri hubungan mereka yang telah berjalan selama tujuh tahun.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Sementara itu, Will memutuskan untuk menghadiri acara pesta pernikahan Alicia bersama dengan Lou. Selama pesta berlangsung, interaksi di antara Will dan Lou yang santai dan cuek nampak mencolok di antara para pengunjung pesta lain yang berasal dari kalangan kelas atas.

Beberapa hari kemudian, Will dan Lou lalu berlibur ke sebuah pulau. Namun, di tengah liburan mereka, Will terserang pneumonia. Setelah ditangani oleh Nathan, Will lalu memberitahu Lou bahwa ia berniat untuk tetap melaksanakan rencananya untuk terbang ke Swiss.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Will ingin agar Lou menjalani hidup dengan sebaik mungkin, dan ia merasa ia tak akan bisa memberikan hal itu pada Lou. Will mengatakan bahwa momen kebersamaannya dengan Lou selama ini terasa sangat istimewa bagi Will, tetapi Will tidak tahan jika ia harus menghabiskan sisa hidupnya di atas kursi roda. Ia kemudian meminta Lou untuk menemaninya pada saat-saat terakhir kehidupannya di Swiss nanti. Film Me Before You

Lou merasa sangat marah dan terpukul dengan keputusan Will. Begitu mereka kembali ke London, ia segera mengundurkan diri dari pekerjaannya dan pulang ke rumahnya. Ia sengaja tak menjalin kontak dengan Will sejak saat itu.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Namun, ayah Lou kemudian meyakinkan Lou untuk pergi menemani Will. Lou bergegas kembali ke London, namun mendapati bahwa Will telah pergi ke Swiss.

Lou pun segera menyusul ke Swiss dan akhirnya berhasil bertemu dengan Will. Ia menemani Will di saat saat terakhir Will.

Beberapa minggu setelah kepulangannya dari Swiss, Lou yang saat itu telah pindah ke Kota Paris, Prancis, membaca surat terakhir Will di sebuah kafe. Will mengatakan bahwa ia telah meninggalkan sejumlah uang bagi Lou untuk mengejar mimpinya. Terakhir, Will menutup suratnya dengan permintaan agar Lou menjalani hidupnya sebaik mungkin.

Review Sinopsis Film Me Before You 2016

Nah, itulah tadi ulasan singkat dan sinopsis film barat romantis Me Before You.

Kesimpulan Resensi Film Me Before You

baca: Review Film Me and Earl and the Dying Girl (2015), Persahabatan Gadis Penderita Leukimia

Mengangkat sebuah jalan cerita yang sangat emosional, Film Me Before You adalah sebuah kisah romansa yang manis sekaligus menyentuh. Emilia Clarke dan Sam Claflin memberikan penampilan terbaik mereka dalam memerankan sosok karakter Lou dan Will yang memiliki kepribadian saling bertolak belakang.

Meskipun ditutup dengan akhir kisah yang menyedihkan, namun film ini tetap berhasil menyampaikan pesan tentang besarnya kekuatan cinta dan bagaimana cinta mampu membawa perubahan berarti dalam kehidupan seseorang.

Sumber foto: Warner Bros. Pictures

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *