Review Sinopsis Film The Little Prince
in

SUKASUKA LOLLOL

Review Sinopsis Film The Little Prince (2015), Hidup Jangan Terlalu Serius

Film Animasi yang Padukan Kisah Fantasi dan Kenyataan

Wekepo.com – Tertarik untuk mengeksplorasi film animasi dengan gaya dan jalan cerita yang tak biasa? Nah, film The Little Prince bisa menjadi jawabannya.

Film yang disutradarai oleh Mark Osborne ini merupakan adaptasi dari novel klasik berjudul sama karya Antoine de Saint-Exupéry. Naskah film ini sendiri ditulis oleh Irena Brignull dan Bob Persichetti.

Para aktor yang menjadi pengisi suara karakter dalam film The Little Prince di antaranya adalah Riley Osborne sebagai Pangeran Cilik, Paul Rudd sebagai Mr. Prince, Mackenzie Foy sebagai Gadis Kecil, Jeff Bridges sebagai si Kakek mantan Pilot, Rachel McAdams sebagai Ibu, James Franco sebagai si Rubah, Marion Cotillard sebagai sang Mawar, serta Albert Brooks sebagai Businessman.

Sutradara Mark Osborne
Penulis Naskah
  • Irena Brignull
  • Bob Persichetti
Adaptasi dariThe Little Prince by Antoine de Saint-Exupéry
Tanggal Rilis
  • 22 Mei 2015 (Cannes Film Festival)
  • 29 Juli 2015 (France)
Durasi Tayang108 menit
Asal Negara
  • France
  • Italy
Bahasa English
Didistribusikan oleh Paramount Pictures
Tema / Genre Fantasi, Animasi, Advanture

Berikut ini adalah trailer dan sinopsis film animasi The Little Prince.

Sinopsis Film The Little Prince

Film the Little Prince dibuka dengan kisah seorang wanita muda dan anak perempuannya yang baru saja pindah ke sebuah lingkungan perumahan baru. Di mata gadis kecil itu, sang Ibu adalah sosok orang tua yang ambisius dan menaruh ekspektasi yang tinggi padanya.

Bahkan, sang Ibu telah menyiapkan sebuah rencana jangka panjang yang sangat detail agar gadis kecil itu bisa memperoleh kesuksesan dalam hidupnya. Setiap hari, gadis kecil itu mengikuti rutinitas yang telah diajarkan oleh ibunya.

Sebagian besar waktu gadis kecil itu diisi dengan mempelajari begitu banyak buku tebal. Hal ini dikarenakan dalam waktu dekat, ibunya berencana untuk mendaftarkan gadis itu di sebuah sekolah terkemuka bernama Werth Academy.

Setiap hari, setelah ibunya berangkat untuk kerja dan meninggalkan gadis kecil itu sendiri di rumah, gadis kecil itu mengikuti arahan dari ibunya dengan patuh dan tanpa banyak mengeluh. Padahal, karena rutinitas itu, ia hampir tidak pernah bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk bermain atau bersantai. The Little Prince

Namun, suatu hari, rutinitas itu berubah ketika gadis kecil itu mulai mengenal tetangga yang tinggal di sebelah rumahnya. Tetangga gadis kecil itu adalah seorang kakek tua yang hidup sendiri di rumah sederhananya yang meski berantakan, terasa jauh lebih hangat dan menyenangkan dibanding rumah si gadis kecil itu.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Kakek itu merupakan seorang pensiunan pilot yang memiliki hobi mengutak-atik pesawat kecil di halaman rumahnya. Ia lalu menceritakan pada gadis kecil itu sebuah cerita sangat menarik, yang kata kakek itu merupakan kisah nyata yang pernah ia alami saat ia masih menjadi pilot.

Cerita itu adalah cerita tentang seorang bocah laki-laki yang disebut oleh kakek itu sebagai sang “Pangeran Cilik”. Kakek itu dulu bertemu dengan sang Pangeran Cilik saat pesawatnya mengalami kecelakaan dan terdampar di tengah Gurun Sahara.

baca: Review Film The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013) – The Hobbit 2

Si kakek lalu berbicara dengan Pangeran Cilik yang hanya tinggal sendiri di gurun itu. Pangeran Cilik meminta pada Kakek untuk menggambarkannya seekor domba. Si Kakek lalu membuat gambar dua domba, namun Pangeran Cilik lalu meminta domba yang bisa hidup selamanya.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Akhirnya, si Kakek justru menggambar sebuah kotak dengan tiga lubang dan mengatakan bahwa domba abadi itu ada di dalam kotak. Pangeran Cilik itu pun merasa puas dengan gambar itu.

Gadis kecil itu sangat menikmati cerita si kakek. Ia akhirnya datang setiap hari ke rumah si Kakek untuk mendengarkan ceritanya dan bermain bersama pria tua itu tanpa sepengetahuan sang ibu.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Si kakek kemudian menuturkan bahwa sang Pangeran Cilik itu sebenarnya berasal dari luar angkasa, yakni dari sebuah tempat yang bernama “Asteroid B612”. Tempat Pangeran Cilik ini dipenuhi oleh tumbuhan Baobab yang memenuhi hampir seluruh permukaan asteroid itu.

Setelah bekerja keras melenyapkan seluruh Baobab, Pangeran Cilik menemukan sekuntum mawar indah yang kemudian ia rawat. Mawar itu menjadi satu-satunya teman setia Pangeran Cilik di sana.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Namun, seiring kedekatan mereka yang semakin tumbuh, sang Pangeran Cilik merasa bahwa Mawar itu mulai menjadi egois. Akhirnya, karena kecewa, Pangeran memutuskan untuk meninggalkan Mawar-nya sekaligus tempat itu dan pergi berkelana dengan sekawanan burung.

Di berbagai asteroid lain, Pangeran Cilik bertemu dengan beragam jenis orang yang menghuni masing-masing tempat itu. Setelah melalui perjalanan yang panjang, sang Pangeran akhirnya mendarat di planet Bumi. The Little Prince

Review Sinopsis Film The Little Prince

Di Bumi, sang Pangeran Cilik bertemu dengan seekor rubah. Ia lalu berteman dengan rubah yang telah ia jinakkan itu.

Namun, setelah beberapa waktu berlalu, rubah itu meninggalkan Pangeran Cilik. Sebelum pergi, ia berpesan pada Pangeran Cilik untuk selalu mendengarkan kata hatinya.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Kembali di dunia nyata, si Kakek memberikan sebuah boneka berbentuk rubah pada gadis kecil. Si kakek lalu mengatakan bahwa tak lama lagi, ia akan pergi meninggalkan rumahnya untuk mencari kembali sang Pangeran Cilik.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Pada hari ulang tahun gadis kecil, si Kakek mengajaknya pergi keluar untuk merayakan hari itu dengan mengendarai mobil. Namun, di tengah jalan, keduanya lalu dihentikan oleh seorang polisi. Ternyata, si Kakek tidak memiliki surat izin mengemudi dan gadis kecil itu akhirnya diantar pulang kembali oleh si polisi.

Ketika sang ibu mengetahui bahwa selama ini gadis kecil itu tak mengikuti aturannya, ia menjadi marah dan memberi putrinya beban tugas yang berlipat. Meski demikian, gadis kecil itu diam-diam tetap meluangkan waktunya untuk membaca lembaran cerita yang ditulis si Kakek tentang sang Pangeran Cilik.

Saat ia tiba di bagian penutup kisah itu, gadis kecil itu lalu pergi ke rumah si Kakek untuk mengetahui langsung bagaimana nasib akhir dari Pangeran Cilik. Kakek itu menjelaskan bahwa cerita itu berakhir dengan sedih.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Sebab, setelah menjalani waktunya di Bumi, Pangeran Cilik itu merindukan Mawar di tempat asalnya. Oleh karena itu, ia sengaja membiarkan dirinya digigit oleh seekor ular berbisa agar ia bisa kembali ke tempat asalnya lagi dan bersatu lagi dengan Mawar-nya.

Meski si Kakek meyakinkan gadis kecil itu bahwa Pangeran Cilik kemungkinan besar berhasil kembali bertemu dengan Mawar-nya, gadis kecil itu tetap saja merasa sangat kecewa dengan akhir kisah tersebut. Ia bahkan berharap bahwa ia tak pernah bertemu dengan si Kakek ataupun mendengar cerita tentang Pangeran Cilik.

Sejak itu, pertemanan si Kakek dan gadis kecil itu pun berakhir. Ketika musim panas hampir berakhir, si Kakek lalu jatuh sakit dan harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Gadis kecil lalu bertekad untuk memperbaiki segalanya dengan cara mewujudkan keinginan si Kakek untuk menemukan kembali Pangeran Cilik. Ia melarikan diri dari jendela kamarnya dan jatuh ke halaman rumah kakek itu lalu pingsan.

baca: Review Film Inside Out, Animasi Tentang 5 Emosi Manusia

Saat terbangun, gadis kecil mendapati boneka rubahnya telah berubah menjadi hidup. Dengan membawa lembaran cerita Pangeran dan ditemani oleh si Rubah, gadis kecil itu lalu menggunakan pesawat si Kakek untuk pergi mencari Pangeran Cilik.

Dalam perjalanan ke luar angkasa itu, mereka melihat bahwa semua bintang di langit secara misterius telah menghilang dari alam semesta. Mereka akhirnya mendarat di sebuah asteroid yang dipenuhi oleh orang-orang yang gila bekerja yang dipipin oleh seorang pria jahat bernama “Businessman”. Rupanya, Businessman telah menangkap semua bintang untuk dijadikan bahan bakar yang membuat dunianya tetap berjalan.

Gadis kecil lalu berusaha mencari sang Pangeran dan bertemu dengan sejumlah tokoh yang sebelumnya pernah ia dengar dari buku cerita. Pada akhirnya, gadis kecil berhasil menemukan Pangeran Cilik.

Namun, bukan dalam sosok seorang bocah laki-laki kecil yang penuh imajinasi dan impian, Pangeran Cilik yang ditemuinya adalah seorang pria muda dengan penampilan lusuh dan menyedihkan. Ia bekerja sebagai petugas kebersihan bernama “Mr. Prince” di perusahaan milik Businessman dan sama sekali tak ingat tentang masa lalunya.

Mr. Prince yang merasa bahwa gadis kecil itu sangat aneh lalu membawanya ke sebuah akademi untuk mendapatkan pelajaran dari Guru. Tetapi, setelah melihat gambar kotak yang pernah dibuat oleh si Kakek, Mr. Prince akhirnya sadar dan mengingat kembali tentang masa lalunya.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Begitu sadar, Mr. Prince segera bergegas menyelamatkan gadis kecil agar tidak dimasukkan dalam mesin pencuci otak yang bisa membuat seseorang bisa tunduk pada sistem di dunia itu. Sebagai gantinya, ia justru memasukkan si Guru ke dalam mesin itu.

Setelah berhadapan dengan Businessman yang mencoba menghadang mereka, Mr. Prince dan gadis cilik itu berhasil meloloskan diri dan bahkan melepaskan semua bintang yang telah ditangkap Businessman agar bisa kembali menghiasi angkasa.

Review Sinopsis Film The Little Prince

Gadis kecil dan si Rubah lalu mengantar Mr. Prince kembali ke asteroidnya yang kini ternyata telah dipenuhi lagi oleh tumbuhan Baobab. Meskipun Mawar-nya telah mati, tetapi setelah Mr. Prince kembali, semua tumbuhan Baobab itu perlahan lenyap. Sebuah hari baru dimulai di asteroid itu dan Mr. Prince kembali ke dirinya yang semula sebagai bocah laki-laki kecil. The Little Prince

Gadis kecil dan si Rubah kembali ke dunia mereka di planet Bumi, diiringi oleh sekawanan burung. Keesokan paginya, gadis kecil dan sang ibu lalu pergi ke rumah sakit untuk menjenguk si Kakek.

Gadis kecil meminta maaf pada si Kakek dan mengembalikan lembaran cerita tentang sang Pangeran Cilik dalam bentuk buku yang telah dijilid. Kini, semua bagian dalam buku itu telah utuh dan lengkap.

Gadis kecil itu akhirnya berhasil diterima di Werth Academy dan memperbaiki hubungannya dengan sang ibu. Kini, sosok sang ibu pun berubah menjadi tidak sekaku dan sedisiplin yang sebelumnya.

Di akhir film The Little Prince, nampak gadis kecil itu dan ibunya yang sedang menikmati pemandangan langit penuh bintang di malam hari. Sementara itu, nun jauh di Asteroid B612, terdengar suara sang Pangeran Kecil dan si Kakek yang tertawa bersama.

Nah, itu lah tadi ulasan singkat dan sinopsis film The Little Prince.

Kesimpulan Film The Little Prince

baca: Sinopsis Film How to Train Your Dragon (2010), Bisakah Manusia dan Naga Hidup Berdampingan?

Film ini memiliki pesan yang sangat indah tentang pentingnya bagi setiap orang untuk mempertahankan impian masa kecil bahkan ketika mereka telah tumbuh dewasa. Menariknya, pesan ini berhasil disampaikan secara tersirat oleh film The Little Prince melalui jalan cerita dan penokohannya yang sangat unik dan kreatif.

Nah jika kalian berniat untuk menonton film ini, maka kalian bisa menemukan film The Little Prince di Netflix.

Sumber foto: Paramount Pictures

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *