in

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie (2008)

Drama Romansa Musikal Bertema Pesta Pernikahan

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Wekepo.comMamma Mia! The Movie 2008 adalah sebuah film drama barat yang memadukan genre musikal, komedi, dan romansa romantis di dalamnya. Film ini bercerita usaha seorang gadis muda di sebuah pulau di Yunani untuk mencari sosok ayah kandungnya menjelang acara pernikahannya.

Mamma Mia! disutradarai oleh Phyllida Loyd, dan naskahnya ditulis oleh Catherine Johnson. Catherine Johnson sendiri merupakan penulis naskah drama berjudul sama yang menjadi dasar adaptasi film ini.

Film ini dibintangi oleh Meryl Streep yang berperan sebagai Donna Sheridan-Carmichael, Amanda Seyfried sebagai Sophie Sheridan, Christine Baranski sebagai Tanya Chesham-Leigh, Julie Walters sebagai Rosie Mulligan, Pierce Brosnan sebagai Sam Carmichael, Colin Firth sebagai Harry Bright, dan Stellan Skarsgård sebagai Bill Anderson.

Detail Film

Sutradara Phyllida Lloyd
Penulis NaskahCatherine Johnson
Tanggal Rilis
  • 30 Juni 2008 (Leicester Square)
  • 10 Juli 2008 (United Kingdom)
  • 17 Juli 2008 (Germany)
  • 18 Juli 2008 (United States)
Durasi Tayang108 menit
Asal Negara
  • United Kingdom
  • United States
  • Jerman
Bahasa English

Penasaran dengan keseruan kisah pesta pernikahan bernuansa musikal dalam film ini? Berikut ini adalah sinopsis film barat Ma ma Mia

Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie (2008) 

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Film Mamma Mia! The Movie menggunakan latar tempat di sebuah pulau bernama Kalokairi yang terletak di negara Yunani. Pulau tersebut merupakan sebuah pulau eksotis yang dikelilingi oleh pantai yang indah.

Di pulau itu, tinggal seorang gadis muda bernama Sophie Sheridan bersama ibunya, Donna Sheridan. Dalam hitungan beberapa hari, Sophie akan menikah dengan tunangannya, Sky Ramand, yang juga tinggal di pulau itu.

Namun, sebelum momen penting dalam hidupnya itu terjadi, Sophie bertekad untuk menyelesaikan satu pertanyaan besar dari masa lalunya yang selama itu belum pernah terjawab, yaitu mengenai siapa ayah kandung Sophie sebenarnya.

Sophie memberitahu kedua sahabatnya, Ali dan Lisa, bahwa tanpa sepengatahuan Donna, Sophie diam-diam mengundang tiga pria yang dulu pernah menjalin hubungan dengan Donna ke pesta pernikahannya. Menurut buku harian lama Donna yang ditemukan oleh Sophie, salah satu dari pria itu kemungkinan besar adalah ayah Sophie.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Ketiga pria yang diundang oleh Sophie itu terdiri dari seorang arsitek keturunan Irlandia-Amerika bernama Sam Carmichael, seorang petualang dan penulis asal Swedia bernama Bill Anderson, serta seorang bankir asal Inggris yang bernama Harry Bright. Sophie berharap dengan mengundang ketiga pria itu, ia dapat mengenali ayahnya yang sebenarnya.

Di sisi lain, Donna sendiri memiliki sebuah villa yang ia jadikan tempat penginapan. Tetapi, karena bisnis itu tidak terlalu ramai, Donna berharap bisa menemukan pasangan yang lebih mapan.

baca: Review Sinopsis Film Life of Pi (2012), Bertahan Hidup di Tengah Lautan

Termasuk tamu undangan yang akan hadir di pesta pernikahan Sophie adalah dua sahabat lama Donna. Mereka adalah Rosie Mulligan yang berprofesi sebagai seorang penulis serta Tanya Chesham-Leigh yang merupakan seorang wanita kaya. Ketiganya dulu memiliki sebuah band yang mereka beri nama Dynamos.

Saat Rosie dan Tanya telah tiba di pulau itu, Donna menyambut mereka dengan gembira. Ia mengajak mereka untuk melihat-lihat villa miliknya dan kembali bernostalgia.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Sementara itu, ketiga pria yang diundang oleh Sophie juga akhirnya tiba di pulau itu. Sophie yang panik kemudian menyuruh Sam, Bill, dan Harry untuk menunggu terlebih dahulu.

Saat itu, Sophie masih belum menjelaskan pada ketiga pria itu bahwa alasan sebenarnya ia mengundang mereka ke pesta pernikahannya adalah untuk mencari ayah kandungnya. Sophie meminta mereka untuk bersembunyi sebentar agar Sophie bisa mengejutkan ibunya dengan kedatangan mereka bertiga.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Tetapi, Donna sebenarnya sedang mendengarkan pembicaraan mereka. Saat ia tahu bahwa Sophie ternyata mengundang para mantan kekasihnya dulu, Donna menyuruh ketiga pria itu untuk pulang.

Donna lalu memberitahu peristiwa ini pada Tanya dan Rosie. Ia mengungkapkan bahwa ia benar-benar tidak tahu siapa sesungguhnya ayah Sophie dari ketiga pria itu. Rosie dan Tanya berusaha menaikkan lagi semangat Donna dengan cara mengajaknya menyanyi dan menari dengan para wanita lain di pulau itu.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Sementara itu, Sophie menemukan ketiga pria itu sedang berkumpul di atas kapal milik Bill.  Mereka berlayar mengitari Pulau Kalokairi. Selama berlayar, mereka bercerita pada Sophie tentang kesan mereka pada sosok Donna ketika wanita itu masih muda.

Sophie mencoba memberitahu Sky tentang rencananya untuk mencari ayah kandungnya. Tetapi, sebelum ia sempat melakukannya, Sky telah dibawa oleh teman-temannya untuk melakukan pesta melepas masa lajang.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Sophie sendiri mendapat hiburan dari Donna, Tanya, dan Rosie melalui penampilan musik mereka dalam acara pesta melepas masa lajangnya. Ketika Sam, Bill, dan Harry hadir di pesta melepas masa lajang Sophie, Sophie memutuskan untuk berbincang secara terpisah dengan masing-masing dari mereka.

Dari Bill, Sophie mengetahui bahwa Donna mendapatkan modal untuk mendirikan dan mengelola villa miliknya dari uang yang diberikan oleh bibi Bill yang bernama Sophia. Sophie lalu menduga bahwa namanya merupakan bentuk penghargaan Donna pada Sophia.

Sophie menyimpulkan bahwa Bill adalah ayahnya. Oleh karena itu, ia memilih Bill untuk menjadi sosok yang akan mengantarnya menuju altar pada prosesi pernikahannya.

Tetapi, tak lama kemudian, saat Sophie berbicara dengan Sam dan Harry, mereka berdua sama-sama mengaku sebagai ayah Sophie. Keduanya juga meminta untuk menjadi pengantar Sophie saat prosesi pernikahannya. Sophie yang kebingungan mendengar pengakuan ketiga pria itu akhirnya pingsan.

Pada pagi di hari penyelenggaraan pernikahan Sophie, Tanya dan Rosie berusaha menenangkan Donna. Mereka mengatakan akan mencegah ketiga pria itu untuk membuat Donna merasa tidak nyaman selama acara pesta pernikahan Sophie berlangsung.

baca: Review Sinopsis Film Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)

Di sisi lain, Bill dan Harry berniat untuk memberitahu satu sama lain tentang upaya tersembunyi Sophie untuk menemukan ayah kandungnya. Namun, pembicaraan mereka tiba-tiba disela oleh Rosie.

Donna kemudian mengajak Sophie untuk bicara empat mata. Donna masih tak habis pikir mengapa Sophie membawa tiga orang dari masa lalu Donna di hari istimewa Sophie.

Donna lalu bertanya pada Sophie apakah Sophie memang sengaja ingin mengacaukan pesta pernikahannya sendiri dengan tindakannya itu. Sophie mencoba membela diri dengan mengatakan bahwa ia hanya tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama yang dibuat oleh Donna di masa mudanya.

Hubungan Donna dan Sophie pun setelah itu menjadi agak tegang. Tetapi, penyelenggaraan pesta itu pun tetap berjalan.

Sam kemudian meminta waktu untuk berbicara dengan Donna. Sam menanyakan pada Donna mengenai apakah keputusan Sophie untuk menikah di usia muda adalah hal yang tepat.

Sam dan Donna kemudian membahas tentang masa lalu mereka sendiri. Keduanya mengakui bahwa mereka sebenarnya masih memiliki perasaan terhadap satu sama lain.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Sementara itu, kedua sahabat Donna sendiri, Tanya dan Rosie, rupanya telah menemukan sosok yang mencuri hati mereka masing-masing dalam kunjungan mereka ke pulau itu. Tanya dekat dengan Pepper, salah satu pemuda setempat yang tinggal di pulau itu. Sementara, Rosie juga terlihat cukup dekat dengan Bill.

Ketika akhirnya Sophie mendapat kesempatan untuk bertemu lagi dengan Sky, ia pun segera mengungkapkan tentang rencananya mencari ayah kandungnya yang belum sempat ia beritahukan pada Sky. Sophie mencoba meminta bantuan dan dukungan dari Sky.

baca: Review Sinopsis Loving Vincent (2017), Film Animasi dari Lukisan

Tetapi, saat mendengarnya, Sky justru sangat terkejut dan merasa pada Sophie karena Sophie tidak memberitahunya tentang hal ini lebih awal. Sky pun meninggalkan pembicaraannya dengan Sophie dan membuat gadis itu merasa sedih.

Sophie mendatangi Donna dan menceritakan tentang apa yang terjadi. Melihat putrinya merasa sedih, Donna pun merasa luluh.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Selagi membantu Sophie mengenakan gaun pernikahannya, Donna berbicara dengan putrinya dari hati ke hati. Donna menuturkan lagi kisah masa kecil Sophie.

Lalu, Donna menceritakan tentang kisah masa mudanya sendiri. Donna menjelaskan bahwa begitu ibunya mengetahui Donna hamil di luar nikah, ibunya tak mengakui Donna lagi sebagai anak.

Momen sentimental di antara ibu dan anak itu berujung dengan Sophie yang justru akhirnya meminta Donna untuk mengantarnya ke altar pada prosesi pernikahan.

Para pengiring mempelai pun mulai berangkat menuju lokasi penyelenggaraan acara prosesi pernikahan. Di tengah jalan, Sam kembali meminta waktu untuk bicara dengan Donna.

Sam berusaha meluruskan tentang hubungan mereka saat masih muda. Tetapi, Donna menolak untuk mendengarkan perkataan Sam karena sampai saat itu masih merasa sakit hati karena Sam dulu meninggalkannya.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Acara prosesi pernikahan pun dimulai. Para pengiring musik mulai memainkan melodi seiring Sophie yang berjalan dengan diantar oleh ibunya menuju altar.

Tetapi, pada acara prosesi itu, Donna kemudian memutuskan untuk bersikap terus terang pada Sophie dan seluruh undangan yang hadir. Ia mengatakan bahwa ayah Sophie adalah salah satu dari ketiga pria yang diundang oleh Sophie, yaitu Sam, Bill, dan Harry.

Sam kemudian maju dan berusaha menjelaskan pada Donna tentang apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu. Sam memang sempat meninggalkan Donna, tetapi kemudian ia segera menyadari kesalahannya dan berusaha menemui Donna untuk memperbaiki hubungan mereka.

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Namun, ketika Sam kembali ke Pulau Kalokairi, Sam melihat bahwa Donna saat itu telah menjalin hubungan dengan pria lain, yaitu Bill. Oleh karena itu, Sam pun mengurungkan niatnya.

Setelah semua pengakuan itu, Sam, Bill, dan Harry akhirnya sepakat untuk tidak melakukan tes untuk mengetahui siapakah ayah Sophie sebenarnya. Mereka justru masing-masing ingin membagi peran dan tanggung jawab mereka sebagai ayah Sophie.

Sophie sendiri kemudian tersadar bahwa ia sebenarnya masih belum siap untuk menikah di usia muda. Sophie meminta pada Sky agar mereka berdua mencari lebih banyak pengalaman dengan pergi berkeliling dunia terlebih dahulu.

Sementara itu, Sam melamar Donna di acara itu. Sam mengatakan bahwa ia telah lama bercerai dari istrinya dan bahwa selama ini ia sebenarnya masih mencintai Donna. Donna menerima lamaran Sam, dan mereka justru akhirnya menjadi pasangan yang akan menikah.

Di akhir cerita film Mamma Mia!, dikisahkan bahwa semua orang menemukan kebahagiannya masing-masing. Sam menikah dengan Donna, Rosie menjalin hubungan dengan Bill, sementara Sophie dan Sky pergi berlayar  untuk melihat dunia.

Nah, begitulah ulasan dan sinopsis film Mamma Mia!.

Kesimpulan Film Mamma Mia

baca: Review Sinopsis Film After (2019), Cerita Adaptasi Wattpad Terlaris

Banyak dari lagu yang ditampilkan dalam film Mamma Mia! yang merupakan musik populer dari era 80 hingga 2000-an. Hal ini memberikan perasaan nostalgia bagi generasi penonton yang menghabiskan masa muda dengan menikmati musik-musik tersebut. Selain itu, lokasi pengambilan film yang memang bertempat di Yunani pun menyajikan pemandangan pulau dan laut yang indah sebagai latar cerita dari film ini.

Sumber foto: Universal Pictures

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Review Sinopsis Loving Vincent (2017), Film Animasi dari Lukisan

Review Sinopsis Film Me and Earl and the Dying Girl 2015

Review Sinopsis Film Me and Earl and the Dying Girl (2015), Persahabatan Gadis Penderita Leukimia