in ,

Review Sinopsis Loving Vincent (2017), Film Animasi dari Lukisan

Film Animasi Menguak Kisah Misteri Kematian Pelukis Vincent Van Gogh

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Wekepo.comLoving Vincent atau Love Vincent mungkin menjadi salah satu film animasi dengan kualitas visual paling memukau yang pernah diciptakan. Film ini menuturkan sebuah kisah menarik yang terinspirasi dari misteri seputar kematian sosok pelukis legendaris Vincent Van Gogh.

Film barat terbaru 2017 ini disutradarai oleh Dorota Kobiela dan Hugh Welchman. Bersama Jacek Dehnel, keduanya juga menulis naskah film ini.

Film ini diciptakan dengan teknik pembuatan manual, di mana setiap bingkai dalam film dilukis secara langsung. Dalam produksinya, Loving Vincent melibatkan tak kurang dari 125 pelukis yang berasal dari 20 negara dengan lama pengerjaan yang memakan waktu hingga enam tahun.

Para aktor yang terlibat dalam film Loving Vincent yakni meliputi Robert Gulaczyk yang berperan sebaga Vincent van Gogh, Jochum ten Haaf sebagai pengisi suara Vincent van Gogh, Douglas Booth sebagai Armand Roulin, Jerome Flynn sebagai Dr. Paul Gachet, serta Saoirse Ronan sebagai Marguerite Gachet.

Di samping itu, ada pula Helen McCrory yang berperan sebagai Louise Chevalier, Chris O’Dowd sebagai Joseph Roulin, John Sessions sebagai Père Tanguy, Eleanor Tomlinson sebagai Adeline Ravoux, serta Aidan Turner sebagai pria pemilik perahu.

Detail Film

Sutradara
  • Dorota Kobiela
  • Hugh Welchman
Penulis Naskah
  • Dorota Kobiela
  • Hugh Welchman
  • Jacek Dehnel
Tanggal Rilis
  • 12 June 2017 (Annecy)
  • 22 September 2017 (United States)
  • 6 October 2017 (Poland)
  • 13 October 2017 (United Kingdom)
Durasi Tayang95 menit
Asal Negara
  • Poland
  • United Kingdom
  • United States
Bahasa English

Ingin tahu bagaimana jalan cerita dari film ini? Yuk, langsung saja cek sinopsis film barat terbaik Loving Vincent berikut.

Sinopsis Film Loving Vincent – Love Vincent (2017)

Kisah cerita yang akan dibahas dalam film animasi Loving Vincent akan membahas tentang kisah hidup sosok pelukis Vincent Van Gogh, film ini diceritakan dari sudut pandang tokoh lain. Cerita dalam film ini juga mengambil latar peristiwa yang terjadi setelah kematian Vincent Van Gogh.

Pasca setahun berlalu setelah Vincent Van Gogh meninggal karena membunuh dirinya sendiri, ditemukan surat terakhir yang ditulis oleh sang maestro pelukis itu sebelum kematiannya. Surat tersebut ditujukan untuk saudara Vincent, Theo Van Gogh, yang tinggal di kota lain.

Surat tersebut berada di tangan petugas pos Joseph Roulin yang menduga bahwa ada sesuatu yang janggal dari kematian Vincent Van Gogh. Hal ini disebabkan karena hanya berselang beberapa minggu sebelum Vincent Van Gogh membunuh dirinya, pelukis itu mengatakan bahwa akhir-akhir itu ia justru merasa tenang dan sedang dalam suasana hati yang baik.

Joseph menceritakan kecurigaannya ini pada putranya yang masih muda, Armand Roulin. Joseph lalu mengutus Armand untuk mengantar surat terakhir Vincent itu pada Theo Van Gogh.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Awalnya, Armand merasa keberatan dengan permintaan ayahnya ini. Namun, pada akhirnya ia setuju dan berangkat menuju Paris untuk mengantarkan surat itu.

Sesampainya Armand di tempat tujuannya, ia justru diberitahu oleh seorang pegawai toko yang menjual peralatan seni bernama Père Tanguy bahwa Theo Van Gogh sebenarnya telah meninggal dunia enam bulan setelah kematian saudaranya.

baca: Review Sinopsis Film Inside Out, Animasi Tentang 5 Emosi Manusia

Tanguy kemudian menyarankan Armand untuk pergi ke daerah Auvers-sur-Oise dan menemui seorang pria yang bernama Dr. Paul Gachet. Dr. Gachet merupakan dokter yang menampung Vincent Van Gogh setelah sang pelukis selesai menjalani perawatan dari rumah sakit jiwa sebelumnya. Dr. Gachet yang sekaligus adalah seorang pencinta seni seperti Vincent Van Gogh juga hadir dalam acara pemakaman sang pelukis.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Ketika Armand tiba di daerah bernama Auvers-sur-Oise yang dituju itu, ia mendapati bahwa Dr. Gachet tidak ada di tempatnya karena sedang berpergian untuk urusan kerja.

Pada akhirnya, karena hari juga sudah larut, Armand pun memutuskan untuk singgah di kota tersebut untuk malam itu. Armand datang ke rumah penginapan yang sama tempat Vincent Van Gogh dulu pernah sempat tinggal untuk beberapa lama.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Armand bertemu dengan pemilik rumah penginapan itu, seorang wanita bernama Adeline Ravoux. Armand menceritakan tentang maksud kedatangannya di kota itu pada Adeline.

Adeline lalu mulai bercerita bahwa selama Vincent Van Gogh tinggal di sana, ia mengagumi sosok pelukis itu. Ketika Vincent Van Gogh meninggal dunia, Adeline mengaku bahwa ia ikut merasa sedih atas kematian sang pelukis.

Adeline lalu mengusulkan pada Armand untuk mencoba menemui seorang pria pemilik perahu kecil yang tinggal di kota itu untuk mengetahui lebih banyak tentang Vincent Van Gogh. Armand pun pergi ke sungai tempat pria pemilik perahu itu bekerja.

Saat akhirnya berhasil menemui pria itu, Armand kembali menceritakan tentang maksud kedatangannya pada pria pemilik perahu. Si pria pemilik perahu mengatakan bahwa ia dulu sering melihat Vincent Van Gogh berinteraksi dengan anak perempuan Dr. Gachet yang tertutup, Marguerite.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Merasa tertarik dengan penelusurannya yang telah berkembang jauh itu, Armand akhirnya mengikuti arahan dari si pria pemilik perahu untuk mencari Marguerite. Armand pun datang untuk mengunjungi Marguerite di rumahnya.

Sekali lagi, Armand menjelaskan tentang tujuan sebenarnya ia datang ke kota itu pada Marguerite. Dalam obrolan Armand dengan Marguerite, gadis itu lalu menceritakan sejumlah hal yang terjadi sebelum kematian Vincent Van Gogh.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Marguerite menjelaskan bahwa beberapa hari sebelum Vincent Van Gogh melakukan bunuh diri, sang pelukis itu sempat terlibat dalam sebuah adu argumen dengan ayahnya. Setelah Marguerite selesai bercerita, Armand lalu mengungkapkan pendapatnya tentang alasan yang mungkin melatarbelakangi kematian Vincent Van Gogh.

Armand berpikir bahwa bisa saja adu mulut yang terjadi di antara Vincent Van Gogh dan Dr. Gachet itu lah yang menjadi pemicu sang pelukis untuk membunuh dirinya. Hal ini dikarenakan dari apa yang telah didengar oleh Armand, ia merasa bahwa Vincent Van Gogh sangat akrab dengan ayah Marguerite dan menghormatinya.

baca: Review Animasi CARS Akan Mendapatkan Seri Ke-3 – Cars 3

Ketika mendengar pendapat Armand ini, Marguerite merasa kesal dan segera menyanggahnya. Menurutnya, tak mungkin peristiwa adu mulut itu menjadi alasan yang bisa membuat Vincent Van Gogh sampai tergerak untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Setelah pertemuannya dengan Marguerite, Armand pun menjadi semakin merasa penasaran dengan misteri apa yang sebenarnya meliputi kematian pada Vincent Van Gogh. Ia kembali melanjutkan penelusurannya dan mendatangi berbagai orang dan tempat di kota itu untuk mencari petunjuk.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Armand berharap bisa menemukan benang merah yang bisa memberikan jawaban atas misteri seputar kematian Vincent Van Gogh yang ia berusaha pahami. Penelusuran Armand akhirnya mulai mengerucutkan kecurigaannya pada sosok seorang pemuda yang tinggal di daerah setempat yang bernama René Secretan.

Dari keterangan yang berhasil dikumpulkan oleh Armand dari berbagai sumber, ia mengetahui bahwa Secretan kerap kali merundung dan menyerang Vincent Van Gogh ketika sang pelukis itu masih hidup. Secretan juga memiliki sebuah senapan dan sering kali terlihat menodongkan senjata itu secara sembarangan di berbagai penjuru kota ketika pria itu sedang mabuk.

Kecurigaan Armand menjadi semakin bertambah kuat ketika ia mendengar pernyataan dari petugas medis bernama Dr. Mazery yang sempat melakukan pemeriksaan pada jenazah Vincent Van Gogh.

Dr. Mazery menjelaskan bahwa luka tembakan yang ditemukan pada Vincent Van Gogh saat ia meninggal tidak menunjukkan bahwa tembakan fatal itu dilakukan dari jarak dekat. Artinya, pasti ada orang lain yang menarik pelatuk dari jarak jauh hingga mengenai Vincent. Temuan ini pun melemahkan dugaan kematian Vincent Van Gogh yang disebabkan bunuh diri.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Armand kembali menemui Marguerite, sebagai sosok yang sejauh itu menurutnya memiliki hubungan paling dekat dengan Vincent Van Gogh ketika sang pelukis masih hidup. Armand menuturkan hasil penyelidikannya yang mengarah pada Secretan sebagai sosok yang bertanggung jawab atas kematian Vincent Van Gogh.

Marguerite membenarkan bahwa dirinya dan Vincent Van Gogh memang sangat dekat, meski mereka tidak menjalin hubungan romantis. Marguerite juga mengatakan bahwa meski Secretan memiliki perilaku buruk, ia tidak meyakini bahwa pria itu mampu membunuh orang lain, bahkan termasuk Vincent Van Gogh.

Review Sinopsis Film Loving Vincent 2017 Pelukis Vincent Van Gogh

Setelah singgah selama beberapa hari di kota itu, Dr. Gachet yang ditunggu oleh Armand pun kembali dari perjalanan dinasnya. Armand mengungkapkan pada Dr. Gachet tentang tujuan awalnya datang ke kota itu, yakni untuk menyampaikan surat terakhir Vincent Van Gogh yang dialamatkan untuk Theo Van Gogh. Dr. Gachet lalu berjanji pada Armand untuk mengantarkan surat itu ke istri dari Theo Van Gogh.

Armand memutuskan untuk menanyakan langsung pada Dr. Gachet tentang insiden adu argumen di antara Dr. Gachet dan Vincent Van Gogh yang terjadi beberapa saat sebelum kematian sang pelukis itu. Dr. Gachet membenarkan bahwa ia memang sempat beradu mulut dengan Vincent Van Gogh.

Menurut Dr. Gachet, saat itu Vincent Van Gogh mengkritik Dr. Gachet yang menurutnya adalah seorang pengecut karena tidak berani mengejar impiannya di bidang kesenian.

Didorong oleh rasa kesal, Dr. Gachet lalu membalas kritik pedas Vincent Van Gogh itu dengan mengatakan bahwa selama ini Vincent Van Gogh tak lebih dari sekadar beban bagi saudaranya, Theo.

baca: Review Sinopsis Film Coco (2017), Petualangan Mencari Jawaban Teka Teki

Sebagai seorang seniman yang tidak bisa memperoleh banyak pendapatan, Vincent Van Gogh selama bertahun-tahun itu banyak bergantung pada Theo, termasuk dalam urusan keuangan. Dr. Gachet mengatakan pada Vincent bahwa ia berpikir Vincent adalah alasan sebenarnya yang menyebabkan kesehatan Theo terus memburuk.

Pada akhirnya, Dr. Gachet menyimpulkan bahwa setelah mendengar itu, Vincent Van Gogh mungkin merasa bahwa ia tidak ingin lagi menjadi beban yang memberatkan Theo dan keluarganya.

Keterangan dari Dr. Gachet seakan menjadi penyelesaian yang membuat Armand merasa dapat memahami jauh lebih baik tentang misteri seputar kematian Vincent Van Gogh. Armand akhirnya memutuskan untuk pulang.

Beberapa hari kemudian, Joseph dan Armand menerima sebuah surat dari Johanna, istri Theo. Dalam surat itu, Johanna mengungkapkan terima kasih karena telah mengembalikan surat terakhir dari Vincent. Johanna juga melampirkan sebuah surat yang pernah dikirim oleh Vincent Van Gogh pada keluarganya, yang bertuliskan “Tertanda sayang dari Vincent.

Demikian lah ulasan dan sinopsis film barat terbaik Loving Vincent.

Kesimpulan Film Love Vincent

baca: Review Film Toy Story 4, Lanjutan Kisah Woody dan Kawan-Kawan Mainannya

Loving Vincent merupakan sebuah film animasi yang sangat unik dan tak biasa. Tak hanya dari teknik pembuatannya yang membutuhkan kerja keras tinggi karena dilukis secara manual, jalan cerita dari film ini pun menarik untuk diikuti.

Film ini memilih untuk tidak membahas tentang kisah Vincent Van Gogh ketika ia masih hidup dan berfokus pada rangkaian kisah setelah kematian sang pelukis legendaris itu. Hal ini justru membuat penonton dapat semakin merasakan ironi dalam kisah hidup Vincent Van Gogh dengan lebih baik.

Sumber foto: Altitude Film Distribution

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profil Biodata BTS Lengkap Dengan Agama Fakta Personil

Profil, Biodata BTS Lengkap Dengan Agama & Fakta Personil

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie 2008

Review Sinopsis Film Mamma Mia! The Movie (2008)