Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie
in

Review Sinopsis Film Life of Pi (2012), Bertahan Hidup di Tengah Lautan

Petualangan Anak Remaja Yang Terjebak Bersama Harimau

Wekepo.com – Life of Pi adalah salah satu film yang paling berjaya dalam gelaran The Academy Awards ke-85 dengan meraih sebelas nominasi, dan memenangkan empat di antaranya. Film ini juga mendapat sembutan positif dari berbagai ajang penghargaan lain dan para penontonnya.

Film Life of Pi memadukan petualangan dan fantasi sebagai genrenya. Ang Lee menjadi sutradara dari film ini, berdasarkan naskah yang diadaptasi oleh David Magee dari novel fenomenal berjudul sama karya Yann Martel. Film ini dibintangi oleh Suraj Sharma, Irrfan Khan, Tabu, Adil Hussain, Rafe Spall, dan Gérard Depardieu. Berikut ini adalah sinopsis film Life of Pi selengkapnya.

Detail Film

Sutradara Ang Lee
Produser
  • Ang Lee
  • Gil Netter
  • David Womark
Tanggal rilis
  • 28 September 2012 (Festival Film New York)
  • 21 November 2012 (Amerika Serikat)
Durasi 127 menit
Negara
  • Amerika Serikat
  • Bahasa Bahasa Inggris
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Tamil
GenrePetualangan, Fantasi

Sinopsis Film Life of Pi

Cerita Film Life of Pi diawali dari penampilan seorang penulis muda di Kanada mendengar kabar bahwa seorang pria keturunan India bernama Pi Patel memiliki kisah hidup yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai sumber cerita untuk bukunya. Penulis itu lalu menemui pria bernama Pi tersebut di rumahnya.

Setelah mengobrol singkat, Pi lalu mulai menuturkan tentang kisah hidupnya yang tidak biasa. Ia memulai dari cerita masa kecilnya.

Pi mengatakan bahwa ayahnya menamai dia Piscine Molitor Patel dengan mengambil inspirasi dari nama sebuah kolam renang terkenal di Prancis. Pi tumbuh besar di sebuah kota kecil di India bernama Pondicherry.

Saat Pi duduk di bangku sekolah menengah pertama, Pi kerap diejek oleh teman-temannya karena namanya itu. Oleh karena itu, Pi mencoba membuat namanya tersebut terdengar lebih keren dengan mengatakan bahwa nama “Pi” sebenarnya mewakili aksara Yunani “Pi” yang juga biasa digunakan dalam ilmu matematika.

baca: Review Sinopsis Film Sorry to Bother You, Drama Komedi Usung Isu Rasial

Keluarga Pi sebenarnya memiliki latar belakang agama Hindu. Tetapi, ia kemudian juga memutuskan untuk menganut agama Kristen dan Islam sekaligus. Ia berpikir bahwa hal ini memungkinkannya untuk lebih dekat dan mencintai Tuhan.

Pilihan Pi ini menjadi sumber pro-kontra dalam keluarganya. Ibu Pi senang melihat keingintahuan Pi terhadap agama dan mendukungnya untuk mengeksplorasi sisi spiritualitasnya.

Sementara itu, ayah Pi yang seorang ilmuwan dan selalu mengutamakan rasionalitas mendorong Pi untuk mengesampingkan religiusitas. Ia mengatakan bahwa menganut tiga keyakinan sekaligus berarti sama saja tidak mempercayai satu hal pun.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Ayah Pi merupakan ilmuwan pemilik sebuah kebun binatang besar di kota itu. Sejak kecil, Pi tumbuh dekat dengan berbagai hewan koleksi kebun binatang keluarganya. Salah satu hewan yang paling menarik perhatian Pi adalah seekor harimau Benggala yang bernama Richard Parker.

Suatu hari, Pi dan kakaknya yang ingin tahu mendekat ke kandang Richard Parker. Saat Richard Parker melangkah mendekati mereka, kakaknya menjauh, sementara Pi tetap bergeming di tempatnya.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Sebelum hal yang buruk terjadi, ayah Pi datang dan memarahi Pi karena melakukan hal berbahaya tersebut. Untuk memberi efek jera pada Pi, ayah Pi lalu menyuruh Pi untuk menyaksikan saat Richard Parker menerkam seekor kambing hidup sebagai makanannya.

Tahun-tahun berlalu. Pi kini tumbuh menjadi remaja berusia 16 tahun. Ia bahkan mulai dekat dengan salah satu gadis yang ada di kotanya.

Tetapi, suatu hari, ayah Pi mengatakan bahwa keluarga mereka akan pindah ke Kanada. Di sana, mereka akan menetap untuk seterusnya.

Kebun binatang milik keluarga mereka rencananya akan ditutup. Koleksi hewan mereka akan ikut dibawa ke Kanada untuk dijual di sana.

Keluarga Patel menuju ke Kanada dengan menumpangi sebuah kapal laut asal Jepang dalam perjalanan yang akan memakan waktu hingga beberapa hari. Juru masak yang bekerja di kapal itu adalah seorang pria jahat yang melayani keluarga mereka dengan buruk.

Di tengah perjalanan, tiba-tiba terjadi badai dahsyat yang mengombang-ambingkan kapal itu. Pi yang sedang berada di dek berusaha mencari keluarganya. Tetapi, sebelum ia sempat menemukan mereka, seorang kru kapal melemparkan Pi ke atas sebuah perahu penyelamat kecil.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Sebelum perahu itu terhempas ke laut, seekor zebra yang panik melompat dari atas dek kapal ke dalam perahu itu bersama Pi. Lompatan tersebut membuat kaki zebra itu patah dan membuat hewan malang itu tidak bisa bergerak.

Beberapa saat kemudian, kapal Jepang yang ditumpangi oleh Keluarga Patel itu akhirnya tenggelam ke dalam Palung Mariana. Selain Pi, tidak ada orang yang berhasil selamat, termasuk keluarga Pi.

Meski begitu, Pi sempat sekilas melihat bayangan di sekitarnya yang ia kira salah satu orang yang selamat. Ternyata, bayangan itu hanyalah Richard Parker yang nampaknya berhasil meloloskan diri dari kapal yang tenggelam itu.

baca: Review Sinopsis Film Jojo Rabbit, Film Anti Perang dari Sudut Pandang Anak-anak

Perahu penyelamat yang dinaiki oleh Pi itu adalah sebuah perahu kayu kecil bercat putih yang separuh bagiannya ditutup oleh kain terpal putih. Di bawah kain itu, terdapat buku panduan bertahan hidup serta sedikit persediaan makanan.

Setelah badai itu berlalu, Pi mendapati dirinya berada dalam satu perahu yang sama dengan seekor zebra dan seekor orang utan yang cerdik. Saat ia menutupi kain terpal yang menutupi sebagian perahu, ia menemukan seekor hyena buas yang mencoba menyerangnya.

Pi berusaha mundur sejauh mungkin ke ujung lain perahu. Hyena itu kemudian menyerang zebra yang kesakitan dan lemah itu. Ia juga membunuh si orang utan yang berusaha melawan.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Tak lama kemudian, secara mengejutkan tiba-tiba Richard Parker juga muncul dari balik kain terpal. Ia keluar dan membunuh hyena itu. Lalu, dengan tenang ia kembali lagi bersembunyi di balik kain terpal selama beberapa hari berikutnya.

Pi sadar bahwa sifat Richard Parker cepat atau lambat akan membahayakan dirinya. Oleh karena itu, ia akhirnya mulai membuat sebuah rakit buatan yang ia susun dari jaket pelampung dan bahan-bahan seadanya yang bisa ia temukan di perahu itu. Rakit itu digunakan oleh Pi untuk ia naiki sehingga ia bisa menjaga jarak dari Richard Parker yang masih tinggal di dalam perahu.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Pi sebenarnya tidak suka membunuh hewan. Tetapi, untuk bertahan hiudp, ia pun mulai belajar cara memancing dan menangkap ikan yang ada di perairan di sekitarnya. Hasil tangkapan Pi ini ternyata cukup bisa memenuhi kebutuhan makanannya, dan bahkan untuk makanan Richard Parker juga.

Suatu hari, Richard Parker melompat ke lautan untuk menangkap ikan secara langsung. Tetapi, Pi mengamati bahwa Richard Parker juga perlahan bergerak mendekatinya.

Pi kembali ke perahu. Sementara itu, sebagai hewan daratan yang secara alamiah memang tidak pandai berenang, Richard Parker mulai kehabisan tenaga dan nyaris tenggelam.

baca: Review Sinopsis Film Life is Beautiful (1997), Belajar Mensyukuri Hidup di Tengah Kesulitan

Pi berpikir bahwa kehidupannya di perahu itu pasti akan jauh lebih mudah tanpa keberadaan Richard Parker. Namun, ia kemudian melihat sorot mata Richard Parker yang membangkitkan rasa iba dalam dirinya. Akhirnya, Pi membantu Richard Parker agar bisa naik lagi ke perahu itu, sementara ia kembali ke atas rakit.

Suatu malam, seekor paus besar tiba-tiba melintas di dekat perahu mereka. Gerakan dari paus itu menimbulkan gejolak di lautan yang akhirnya merusak rakit Pi dan segala persediaan yang tertinggal di atasnya.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Sejak kejadian itu, Pi tidak lagi memiliki tempat untuk menjauh dari Richard Parker. Ia pun memutuskan bahwa ia harus mulai melatih Richard Parker agar bisa hidup dengannya dalam satu perahu yang sama.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Usaha itu berhasil. Pi dapat membuat Richard Parker untuk memahami batasan yang tak boleh dilanggar.

Sementara itu, kondisi mereka semakin bertambah buruk dari hari ke hari. Pi sama sekali tidak tahu di mana mereka berada dan berapa lama lagi mereka masih akan terombang-ambing di lautan lepas itu. Di satu titik, Richard Parker yang lemah akhirnya tak sadarkan diri di pangkuan Pi.

Beberapa minggu kemudian, mereka lalu sampai ke sebuah pulau aneh yang dipenuhi pohon menjalar. Di dalamnya, Pi dan Richard Parker menemukan sebuah hutan yang dipenuhi oleh binatang meerkat, sumber air tawar, dan berbagai jenis tumbuhan yang bisa dimakan.

Tanpa membuang kesempatan, Pi dan Richard Parker segera mengisi kembali tenaga mereka dengan sumber air dan makanan di hutan itu.

Ketika malam tiba, Richard Parker kembali ke perahu. Sementara, Pi memanjat ke atas pohon bersama kawanan meerkat. Di pohon itu, Pi menemukan gigi manusia dalam kuntum sebuah bunga.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Rupanya, saat malam, pulau tersebut berubah menjadi tempat yang berbahaya. Sumber mata air di pulau itu berubah menjadi kolam air asam yang membunuh ikan-ikan di dalamnya.

Pi menyimpulkan bahwa pulau itu adalah pulau karnivora yang bisa memangsa setiap makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Keesokan paginya, Pi dan Richard Parker pergi dari pulau itu dan kembali terombang-ambing hingga berhari-hari lamanya.

Pada akhirnya, Pi dan Richard Parker terdampar di pesisir pantai Meksiko dalam keadaan yang kurus dan lemah. Pi merasa terpukul karena begitu mereka tiba di daratan, Richard Parker segera menjauh dan masuk ke dalam hutan. Saat harimau itu melangkah pergi, ia sama sekai tidak menoleh ke arah Pi.

Review Sinopsis Film Life of Pi 2014 Genre True Story Release Date, Cast Characters Full Movie

Pi berhasil diselamatkan penduduk setempat dan dirawat di rumah sakit. Saat kondisinya membaik, ia menceritakan tentang kisahnya itu pada petugas asuransi kapal laut Jepang yang mengangkut mereka. Tetapi, mereka tidak mempercayainya.

Pi lalu mengganti para tokoh dalam kisahnya dengan manusia asli. Dalam versi kedua ini, hyena itu mewakili si juru masak jahat, zebra itu adalah si nahkoda kapal, dan orang utan itu adalah ibu Pi. Para petugas asuransi masih tidak percaya, tapi mereka pergi dan tidak lagi mengusik Pi.

baca: Review Sinopsis Film Joker (2019), Awal Kehidupan Pahit Penjahat Legendaris

Di akhir ceritanya ini, penulis muda yang mewawancarai Pi menyadari bahwa dalam cerita kedua itu, Pi adalah Richard Parker. Pi menanyakan pada penulis muda itu tentang versi cerita mana yang lebih ia sukai dan penulis muda itu menjawab yang pertama. Pi mengatakan bahwa seperti keajaiban dalam kisah pertama, maka begitu pula dengan segala urusan yang berhubungan dengan Tuhan. Sekian ulasan dan sinopsis film Life of Pi.

Kesimpulan Film Life of Pi

Film Life of Pi adalah film yang kaya dengan filosofi dan perenungan yang mendalam. Film ini menampilkan pesan yang menggugah tentang hubungan antar manusia dengan manusia, manusia dengan makhluk hidup, dan manusia dengan Tuhan. Berbagai visual dalam film ini juga sangat memukau dan memanjakan mata.

Sumber foto: 20th Century Fox

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 2 Cast and Trailer Full Movie on Netflix

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 2 (2014)

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Philosophers Stone Extended Movie J. K. Rowling

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001)