Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 1 Cast and Trailer Full Movie on Netflix
in

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3: The Hidden World (2019)

Akhir Kisah dari Seri Film Animasi yang Luar Biasa

Wekepo.com – Dua film pendahulu dari seri animasi How to Train Your Dragon akhirnya ditutup oleh film ketiganya yang berjudul The Hidden World. Dean DeBlois menduduki kursi sutradara sekaligus penulis naskah dari film animasi yang diadaptasi dari novel anak-anak populer berjudul sama karya Cressida Cowell ini.

Para pengisi suara dalam film How to Train Your Dragon: The Hidden World terdiri dari Jay Baruchel yang menyuarakan suara karakter Hiccup, A. J. Kane sebagai Hiccup saat muda, America Ferrera sebagai Astrid, F. Murray Abraham sebagai Grimmel the Grisly, Cate Blanchett sebagai Valka, Craig Ferguson sebagai Gobber the Belch, Jonah Hill sebagai Snotlout Jorgenson, Christopher Mintz-Plasse sebagai Fishlegs Ingerman, Kristen Wiig sebagai Ruffnut Thorston, Justin Rupple sebagai Tuffnut Thorston, dan Kit Harington sebagai Eret.

Sutradara Dean DeBlois
Penulis NaskahDean DeBlois
Cerita BerdasarkanHow to Train Your Dragon by Cressida Cowell
Tanggal Rilis
  • 3 Januari 2019 (Australia)
  • 22 Februari 2019 (United States)
Durasi Tayang104 menit
Asal Negara
  • United States
  • Jepang
Bahasa English
Didistribusikan oleh Universal Pictures
Tema / Genre Animasi Fantasi
SeriesHow to Train Your Dragon

Penasaran dengan akhir petualangan Hiccup dan Toothless di film penutup seri animasi produksi DreamWorks Animation ini? Yuk, langsung saja baca sinopsis film How to Train Your Dragon 3, atau How to Train Your Dragon: The Hidden World berikut.

Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3: The Hidden World

Kisah dalam film How to Train Your Dragon: The Hidden World mengambil latar waktu ketika setahun telah berselang dari kejadian terakhir dalam film keduanya. Setelah kematian ayahnya, Stoick the Vast, Hiccup kini berusaha menyesuaikan diri dengan peran barunya menggantikan sang ayah sebagai kepala suku Pulau Berk.

baca: Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 2 (2014)

Hiccup, Toothless, dan teman-temannya juga masih aktif membebaskan para naga yang ditangkap oleh manusia dan membawa naga-naga itu ke pulau tempat mereka tinggal, Berk. Di Pulau Berk, naga-naga itu hidup berdampingan dalam harmoni dengan para penduduknya.

Tetapi, sayangnya hal ini menimbulkan masalah baru karena kemudian terjadi lonjakan populasi naga di Berk dan para penduduk mulai kewalahan mengurus mereka. Dulu, Stoick pernah menceritakan pada Hiccup tentang suatu tempat misterius bernama Dunia Tersembunyi yang bisa menjadi sarang yang ideal bagi para naga.

Oleh karena itu, Hiccup berusaha mencari Dunia Tersembunyi tersebut agar para naga bisa memiliki tempat tinggal baru yang lebih aman.

Di sisi lain, seorang pemburu naga jahat bernama Grimmel the Grisly sebenarnya sedang berencana untuk menangkap Toothless yang merupakan spesies naga Night Fury terakhir. Grimmel didukung oleh perkumpulan penangkap naga yang ingin menjadikan Toothless sebagai naga alpha untuk memimpin naga-naga tangkapan mereka.

Tak hanya itu, Grimmel juga berencana untuk menangkap semua naga yang ada di Pulau Berk. Rupanya, ia telah mendengar kabar bahwa Pulau Berk telah menjadi semacam pusat tempat tinggal populasi naga-naga yang diselamatkan.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Termasuk dalam bagian rencana mereka adalah memancing Toothless dengan menggunakan seekor naga perempuan spesies Fury berwarna putih. Toothless pun bertemu dengan naga itu di hutan dan keduanya pun langsung tertarik pada satu sama lain.

Astrid menyebut si naga putih dengan nama “Light Fury” karena penampilannya yang sangat mirip dengan Toothless. Ketika si Light Fury merasakan keberadaan manusia di sekitar Toothless, ia pun terbang pergi.

Beberapa saat kemudian, Hiccup dan salah satu temannya, Tuffnut, menemukan sebuah jebakan naga yang dipasang oleh Grimmel di hutan itu. Malam itu, Grimmel mendatangi Hiccup di Pulau Berk dan meminta agar Hiccup menyerahkan Toothless padanya.

Tetapi, Hiccup yang sudah menduga tentang kedatangan Grimmel sebelumnya telah menyiapkan rencana untuk menyerang Grimmel. Sayangnya, Grimmel berhasil lolos dari upaya penyerangan itu. Tak hanya itu, Grimmel bahkan berhasil membakar rumah Hiccup dan nyaris seluruh bangunan di Pulau Berk.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Sebagai kepala suku yang bertanggung jawab atas nasib rakyatnya, Hiccup menyadari bahwa keselamatan seluruh penduduk dan para naga di Pulau Berk kini terancam karena para pemburu naga telah mengincar mereka.

Oleh karena itu, ia memutuskan bahwa mereka harus pergi dari Pulau Berk dan mencari Dunia Tersembunyi untuk menjadi tempat tinggal baru baik bagi para penduduk maupun naga mereka.

baca: Sinopsis Film Paddington (2014), Animasi Beruang yang Tersesat di London

Di tengah perjalanan, para penduduk Berk justru singgah di sebuah pulau yang awalnya hanya mereka niatkan sebagai tempat tinggal sementara untuk mereka. Namun, lama kelamaan para penduduk Berk akhirnya mulai membangun kehidupan baru di sana. Mereka menyebut pulau ini dengan nama “Berk Baru”.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Light Fury kembali terlihat di Berk Baru dan menyita perhatian Toothless. Hiccup mengamati bahwa keberadaannya selalu menjadi penghalang bagi Toothless untuk mendekati si Light Fury.

Oleh karena itu, ia menciptakan ekor prostesis baru untuk Toothless yang memungkinkan naga itu bisa terbang tanpa dikendalikan oleh Hiccup. Begitu ekor ini dipasang, Toothless dengan gembira segera terbang pergi bersama si Light Fury menuju suatu tempat.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Saat sedang bertugas jaga, Valka, ibu Hiccup, menyadari bahwa Grimmel dan pasukannya sedang mencari mereka. Setelah mendengar laporan Valka, Hiccup memutuskan untuk pergi bersama teman-temannya dan menangkap Grimmel.

Tetapi, mereka justru masuk dengan tepat ke dalam jebakan yang telah disiapkan oleh Grimmel. Hiccup dan kawan-kawan berjuang untuk melarikan diri dan akhirnya berhasil.

Ruffnut tak sempat lolos dan akhirnya dijadikan tawanan oleh Grimmel. Selama ditahan, sikap Ruffnut yang menyebalkan membuat Grimmel kesal hingga memutuskan untuk melepaskannya. Meskipun demikian, Grimmel diam-diam berniat untuk mengikuti jejak Ruffnut yang kemudian menuntun ia dan pasukannya ke lokasi “Berk Baru”.

Di Berk Baru, Hiccup dan Astrid akhirnya memutuskan untuk mencari Toothless yang tak kunjung kembali dari perjalanannya bersama si Light Fury. Setelah melakukan proses pencarian, keduanya berhasil menemukan Toothless dan si Light Fury yang ternyata telah menemukan Dunia Tersembunyi dan menjadi pasangan naga yang memimpin para naga lain di sana.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Ketika Toothless melihat Hiccup, ia pun membawa Hiccup keluar dari sana. Hiccup lalu menyadari bahwa Dunia Tersembunyi mungkin adalah tempat tinggal yang ideal bagi para naga, tetapi tidak untuk manusia. Sebab, keberadaan rakyat Berk hanya akan mengganggu populasi naga yang telah hidup damai di sana.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Beberapa waktu kemudian, Grimmel tiba di Berk Baru dan berhasil menangkap Toothless serta si naga Light Fury. Tak sampai di situ, ia berhasil menangkap semua naga lain di Berk Baru yang semuanya tunduk di bawah Toothless sebagai pemimpin. Grimmel mengancam akan mencelakai si naga Light Fury jika ada naga ataupun penduduk Berk yang mencoba menyerangnya.

Hiccup merasa bahwa ia telah gagal menjadi kepala suku yang baik. Namun, Astrid kemudian menghampiri Hiccup dan menyemangatinya kembali.

Hiccup akhirnya bertekad untuk menghentikan aksi Grimmel dan pasukannya. Dengan menggunakan kostum yang memungkinkan mereka terbang, Hiccup dan teman-temannya pergi menghadapi pasukan Grimmel. film How to Train Your Dragon

baca: Profil, Biodata BTS Lengkap Dengan Agama & Fakta Personil

Di antara Hiccup dan teman-temannya serta pasukan Grimmel kemudian terjadi pertempuran yang sengit. Pasukan Grimmel sama sekali tak menduga bahwa mereka akan mendapat serangan mendadak dari Hiccup dan teman-temannya.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Di akhir pertempuran itu, Hiccup akhirnya berhasil membebaskan Toothless dari penahanan Grimmel. Tetapi, Grimmel kemudian sengaja membius si naga Light Fury agar mematuhi perintahnya.

Hiccup dan Toothless berusaha mencegah Grimmel yang mencoba kabur dengan mengejar si pemburu naga jahat itu. Tetapi, Grimmel kemudian menembak Toothless dengan obat bius sehingga menyebabkan Toothless mendadak kehilangan kesadaran saat naga itu sedang terbang membawa Hiccup.

Hiccup menyadari bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan Toothless adalah dengan cara membebaskan si Light Fury dari Grimmel. Sementara itu, Hiccup telah bersiap mengorbankan dirinya sendiri dan membawa serta Grimmel bersamanya jatuh ke bawah laut.

Tetapi, di detik-detik terakhir yang menegangkan, rupanya si Light Fury masih sempat menyelamatkan Hiccup sebelum ia menghantam air. Di sisi lain, Grimmel akhirnya jatuh ke laut di bawah mereka dan menemui ajalnya.

Setelah peristiwa itu, Hiccup dan teman-temannya kembali lagi ke Pulau Berk Baru. Peperangan dengan Grimmel menyadarkan Hiccup bahwa para naga tidak akan pernah bisa hidup aman di dunia manusia. Sebab, akan selalu saja ada orang-orang jahat seperti Grimmel nantinya yang berusaha mencelakai mereka lagi. film How to Train Your Dragon

Oleh karena itu, Hiccup memutuskan untuk membiarkan Hiccup dan si Light Fury pergi untuk memulai kehidupan baru mereka sendiri di Dunia Tersembunyi. Hal yang sama juga dilakukan oleh para penduduk Berk lain yang membebaskan semua naga mereka.

Review Sinopsis Film How to Train Your Dragon 3 The Hidden World 2019

Hiccup dan Toothless lalu saling memberikan salam perpisahan pada satu sama lain dalam sebuah momen yang emosional. Setelah itu, si Light Fury menuntun semua naga di Pulau Berk Baru pergi menuju Dunia Tersembunyi, dan kemudian diikuti oleh Toothless.

Beberapa waktu kemudian, Hiccup dan Astrid akhirnya menikah. Hiccup memimpin para penduduk Berk untuk membangun ulang kehidupan mereka di Berk Baru.

Sepuluh tahun kemudian, Hiccup dan Astrid telah memiliki dua orang anak, seorang putra dan seorang putri. Mereka lalu membawa kedua anak mereka berlayar menuju batas Dunia Tersembunyi untuk bertemu dengan Toothless dan Light Fury yang juga telah memiliki tiga ekor anak naga.

Hiccup mengenalkan anak-anaknya pada Toothless. Setelah itu, ia dan putranya terbang berkeliling bersama Toothless, sementara Astrid mengendarai naga lamanya, Stormfly, bersama putrinya. Light Fury dan anak-anak Toothless juga ikut mengiringi mereka.

Hiccup merasa bahwa keputusan yang ia ambil merupakan pilihan terbaik. Ia bersumpah bahwa ia dan penduduk Berk akan melindungi rahasia tentang Dunia Tersembunyi sampai tiba saatnya nanti ketika semua manusia benar-benar siap untuk hidup berdampingan dengan para naga. film How to Train Your Dragon

Begitulah ulasan singkat dan sinopsis How to Train Your Dragon: The Hidden World.

baca: Review Film The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

Kesimpulan How to Train Your Dragon 3

Film How to Train Your Dragon: The Hidden World menjadi sebuah penutup yang memuaskan dari seri film animasi produksi DreamWorks ini. Film ini berhasil mempertahankan ciri khas dari seri film How to Train Your Dragon yang memadukan keseruan adegan aksi dengan berbagai momen emosional di antara tokohnya.

Akhir kisah mengharukan di film ini tidak bisa benar-benar disebut akhir yang bahagia, tetapi justru menjadi terasa lebih sempurna karena membuat penonton justru dapat lebih merasakan tentang kuatnya kasih sayang Hiccup pada Toothless dan para naga lain.

Hiccup rela untuk berpisah dan melepaskan Toothless pergi asalkan keselamatan dan kebahagiaan Toothless terjamin. Sebuah pesan yang indah untuk penutup seri animasi sehebat ini.

Sumber foto: DreamWorks Animation

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Braven

Review Sinopsis Film Braven (2018), Aksi Serangan Geng Pengedar K0k41n

Review Sinopsis Film Horor Carrie 2013

Review Sinopsis Film Carrie (2013), Movie Horor Gadis Berkekuatan Telekinesis