in

Review Sinopsis Film Percy Jackson: Sea of Monsters (2013), Misi Menyelamatkan Perkemahan Blasteran

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Wekepo.comPercy Jackson Sea of Monsters adalah film fantasi petualangan produksi Amerika Serikat yang menjadi sekuel dalam seri film Percy Jackson and the Olympians. Film ini diangkat dari novel fantasi terkenal karya Rick Riordan.

Di film Percy Jackson 2, Thor Freudenthal ditunjuk sebagai sutradara, sementara Marc Guggenheim menjadi penulis naskahnya. Film berdurasi 106 menit ini dirilis oleh perusahaan distributornya, 20th Century Fox, pada 7 Agustus 2013.

Film barat fantasi terbaru 2013 ini dibintangi oleh Logan Lerman yang berperan sebagai Percy Jackson, Alexandra Daddario sebagai Annabeth Chase, Douglas Smith sebagai Tyson, Leven Rambin sebagai Clarisse La Rue, Brandon T. Jackson sebagai Grover Underwood, Jake Abel sebagai Luke Castellan, dan Paloma Kwiatkowski sebagai Thalia Grace.

Berikut ini adalah Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters.

Sutradara Thor Freudenthal
Penulis NaskahMarc Guggenheim
Tanggal Rilis 7 Agustus 2013
Durasi Tayang106 menit
Asal NegaraUnited States
Bahasa English
Genre / TemaFantasi
Series Ke 1Percy Jackson & The Olympians: The Lightning Thief (2010)

Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters (2013) – Percy Jackson Series 2

Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 Series 2

Dalam cerita Percy Jackson 2, setelah berhasil menemukan Tongkat Petir Zeus dan mencegah terjadinya perang antar dewa pada film pertama, Percy Jackson kembali untuk menghabiskan musim panas di Perkemahan Blasteran. Percy adalah putra Dewa Laut Yunani Poseidon yang baru bergabung di Perkemahan Blasteran, sebuah kemah pelatihan musim panas bagi para demigod atau anak-anak Dewa seperti Percy.

Di awal film, Percy menceritakan sebuah kisah lama yang pernah terjadi di Perkemahan Blasteran beberapa tahun sebelumnya. Dalam kisah itu, nampak Annabeth Chase, Thalia Grace, si satyr Grover Underwood, dan Luke Castellan saat mereka masih anak-anak.

Sama seperti para demigod lain yang harus menghadapi bahaya saat memasuki area Perkemahan Blasteran untuk pertama kalinya, ketiga demigod itu pun dikejar oleh sekawanan monster.

Untuk memberi waktu bagi teman-temannya agar bisa masuk ke perkemahan dengan selamat, Thalia mengorbankan dirinya. Tubuh Thalia lalu diubah oleh ayahnya, Zeus sang Dewa Petir Yunani, menjadi sebatang pohon yang memiliki kekuatan untuk melindungi Perkemahan Blasteran.

Kembali ke masa sekarang di Perkemahan Blasteran, Percy kerap kali harus menghadapi gangguan dari sesama peserta perkemahan lain yang sombong dan sok jagoan, Clarisse La Rue. Clarisse kerap menyindir bahwa kesuksesan Percy dalam misi pertamanya tahun lalu hanyalah karena keberuntungan semata. Ia juga selalu berusaha mengungguli Percy dalam segala hal.

Suatu hari, sesosok cyclops bernama Tyson tiba di Perkemahan Blasteran. Tyson mengaku bahwa seperti Percy, ia juga adalah anak Poseidon sang Dewa Laut Yunani. Percy berusaha menyesuaikan diri dengan fakta baru bahwa Tyson adalah saudaranya.

Dalam salah satu aktivitas latihan di Perkemahan Blasteran, tiba-tiba muncul Banteng Colchis, salah satu makhluk dalam mitologi Yunani, yang menyerang para demigod. Setelah kekacauan itu teratasi, semua orang di Perkemahan Blasteran baru menyadari bahwa perlindungan dari Pohon Thalia tidak lagi bekerja.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Rupanya, Luke, mantan peserta perkemahan yang berkhianat, telah meracuni pohon itu sehingga semua makhluk jahat kini bisa menyerang Perkemahan Blasteran sewaktu-waktu.

Percy lalu mendengar sebuah ramalan dari sang Oracle, sosok ajaib dalam mitologi Yunani, yang mengatakan bahwa salah satu dari anak Dewa Tertua Yunani memiliki peran besar dalam menentukan takdir para Dewa Yunani di Olympus selanjutnya, entah menuju kejayaan ataupun kehancuran.

Chiron menyebutkan bahwa Percy adalah satu-satunya anak Dewa Tertua yang diketahui masih hidup hingga saat itu. Oleh karena itu, ramalan itu kemungkinan besar merujuk pada Percy.

Sementara itu, dua sahabat Percy, Annabeth dan Grover, berusaha menyelidiki tentang cara untuk menyembuhkan lagi Pohon Thalia. Mereka kemudian mengetahui bahwa terdapat sebuah benda ajaib bernama Bulu Domba Emas yang tersimpan di sebuah pulau di seberang lautan berbahaya yang memiliki kemampuan menyembuhkan.

Namun, saat Percy dan kawan-kawannya mengajukan diri untuk mencari Bulu Domba Emas, pimpinan perkemahan Mr. D justru memilih Clarisse untuk melakukan misi itu.

Tak ingin tinggal diam, Percy pun mengusulkan pada teman-temannya agar mereka menyelinap pergi dan berusaha mencari Bulu Domba Emas itu sendiri. Annabeth, Grover, dan Tyson akhirnya setuju untuk ikut dengan Percy dalam misinya itu.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Annabeth memanggil sebuah kendaraan ajaib bernama Kereta Terkutuk, yang dari luar sebenarnya nampak seperti taksi berwarna kuning pada umumnya.  Tetapi, pengemudinya adalah The Graeae, tiga wanita bersaudari yang mengerikan dan nampak seperti nenek sihir.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Mereka lalu memberitahu Percy dan kawan-kawannya tiitk koordinat dari Lautan Monster yang menjadi lokasi keberadaan Bulu Domba Emas yang dicari oleh Percy. Tetapi, Percy dan kawan-kawannya kehabisan uang sihir Drachmas.

Ini berarti mereka tidak bisa lagi menumpang kendaraan itu. Oleh karena itu, Percy dan kawan-kawannya diturunkan di Kota Washington DC.

Saat mereka tengah berjalan menyusuri jalanan kota, tiba-tiba Grover diculik oleh Chris Rodriguez, salah satu anak buah Luke yang membawa Grover ke Luke. Percy, Annabeth, dan Tyson pun lalu mencoba melacak keberadaan Luke dengan cara menemui ayah Luke, Dewa Hermes.

Dengan petunjuk dari Hermes, Percy dan kawan-kawannya lalu berusaha menyusul Luke yang ternyata sedang berada di sebuah kapal bernama Andromeda. Percy, Annabeth, dan Tyson menaiki seekor hippokampos untuk menuju ke kapal Luke.

baca: Review Sinopsis Film It Chapter 2, Kembalinya Teror Badut Mengerikan Pennywise

Setelah mereka sampai di kapal itu, mereka berhadapan langsung dengan Luke. Luke lalu mengungkapkan rencana jahatnya untuk membangkitkan lagi Kronos. Dalam mitologi Yunani, Kronos adalah dewa kuno jahat yang dulu memakan anak-anaknya sendiri, para Dewa Olympus.

Luke berusaha membangkitkan Kronos dengan menggunakan Bulu Domba Emas yang juga sedang dicari oleh Percy dan temannya. Begitu Kronos berhasil dibangkitkan, maka para dewa Yunani dan seluruh Olympus yang menjadi tempat tinggal mereka akan hancur.

Luke lalu menahan Percy beserta temannya dalam sebuah ruangan penjara di kapal itu. Tetapi, dengan kemampuannya mengendalikan air, Percy semua temannya akhirnya berhasil melarikan diri dari sana.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Mereka menggunakan sebuah perahu kecil untuk lolos. Tetapi, tak lama kemudian, Percy dan temannya lalu melihat sebuah pusaran air raksasa di tengah lautan yang mencoba menyeret mereka. Pusaran air itu sebenarnya dihasilkan oleh Charybdis, sosok makhluk mitologi Yunani yang menghuni laut dan kerap menelan kapal yang melewatinya.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Dengan segera, perahu kecil mereka pun ditelan oleh Charybdis dan mereka masuk ke dalam perut monster itu. Namun, mereka terkejut karena di dalam perut Charybdis, Percy dan kawan-kawannya bertemu Clarisse dan kapalnya yang telah ditelan terlebih dahulu oleh makhluk itu.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Percy dan Clarisse akhirnya memutuskan untuk bekerjasama agar mereka bisa keluar dari sana dengan cara menembakkan panah ke arah dinding perut Charybdis. Rencana itu pun sukses, dan mereka berhasil keluar lewat sebuah lubang kecil di perut Charybdis.

Percy beserta teman-temanya akhirnya tiba di Circeland, pulau yang mereka tuju. Namun, pulau itu dihuni oleh Polyphemus, makhluk mitologi Yunani yang menyerupai raksasa dan sangat berbahaya.

Percy dan kawan-kawannya berhasil menghindari Polyphemus. Mereka lalu menemukan Bulu Domba Emas yang mereka cari dan memerangkap Polyphemus di guanya agar tidak bisa menyerang mereka.

Tetapi, Luke tiba-tiba muncul di tempat itu. Ia meminta agar Bulu Domba Emas itu diserahkan padanya, namun Percy menolak.

Review Sinopsis Film Percy Jackson Sea of Monsters 2013 - Percy Jackson Seri 2

Luke berusaha menembak Percy dengan panah, tetapi Tyson bergerak cepat untuk melindungi Percy. Anak panah Luke mengenai Tyson dan membuat Tyson terjatuh ke laut.

Begitu Luke berhasil merebut Bulu Domba Emas itu dari Percy, ia pun segera meletakkannya di atas peti mati Kronos sebagai bagian dari ritual untuk membangkitkan dewa itu. Percy berusaha mengambil alih Bulu Domba Emas itu dan ia pun terlibat pertarungan dengan Luke.

Saat Luke nyaris berhasil mengalahkan Percy, Tyson tiba-tiba muncul dari bawah air dan menerjang Luke. Rupanya, Tyson tidak mati karena ia mendapatkan kekuatan penyembuhan dari lautan yang merupakan wilayah kekuasaan Poseidon, ayah Tyson dan Percy.

Sementara itu, Bulu Domba Emas itu akhirnya berhasil membangkitkan Kronos dari dalam petinya. Kronos lalu menelan Grover dan Luke yang berada di dekatnya. Kini, Kronos lah yang harus dihadapi oleh Percy.

Percy lalu teringat bahwa saat ia mendengar ramalan sang Oracle beberapa waktu sebelumnya, sang Oracle juga menyebutkan bahwa ada benda ajaib bernama “Bilah Terkutuk” yang bisa digunakan untuk melawan Kronos.

Percy pun menyadari bahwa “Bilah Terkutuk” yang dimaksud oleh ramalan sang Oracle itu adalah Pedang Riptide miliknya. Oleh karena itu, Percy pun langsung menebas Kronos dengan pedang itu dan memotong sosok Kronos menjadi beberapa bagian. Dengan cara itu, jiwa Kronos berhasil kembali terperangkap dalam peti dari mana ia berasal.

baca: Review Sinopsis Film Spider-Man 2: Far From Home, Spider-Man Menyelamatkan Eropa

Sebelum Kronos lenyap, ia memuntahkan Grover dan Luke. Luke terlempar hingga masuk ke dalam gua tempat Polyphemus ditahan.

Tetapi, keberhasilan Percy dan kawan-kawan tak berlangsung lama karena tiba-tiba muncul sesosok Manticore yang menyerang Annabeth. Clarisse dan Grover bertindak cepat untuk membunuh makhluk itu.

Namun, Annabeth yang terluka parah pun sekarat karena serangan itu. Percy menggunakan Bulu Domba Emas itu pada Annabeth, sehingga Annabeth berhasil tertolong.

Di akhir petualangan mereka, Percy menyerahkan Bulu Domba Emas itu pada Clarisse, sebagai orang yang sebenarnya ditunjuk oleh Perkemahan Blasteran untuk menjalankan misi itu. Mereka semua lalu kembali ke Perkemahan Blasteran.

Begitu mereka sampai, Thalia segera menaruh Bulu Domba Emas itu di Pohon Thalia. Keesokan harinya, semua orang di Perkemahan Blasteran menjadi sangat terkejut karena Bulu Domba Emas itu memiliki kekuatan yang sangat besar hingga bisa membangkitkan hidup lagi Thalia menjadi manusia.

Percy kemudian menyadari bahwa kembalinya Thalia berpotensi mengubah hasil akhir dari Ramalan sang Oracle itu. Sebab, Thalia adalah putri dari Zeus, yang juga merupakan salah satu dewa Yunani tertua selain Poseidon, ayah Percy. Itu artinya, anak yang dimaksud dalam ramalan itu juga bisa jadi adalah Thalia.

Pada bagian akhir film, nampak peti Kronos yang memancarkan cahaya. Hal ini menandakan bahwa Kronos belum sepenuhnya lenyap dan bisa bangkit lagi suatu saat.

Demikian lah ulasan dan sinopsis film Percy Jackson Sea of Monsters.

Kesimpulan Film Percy Jackson Sea of Monsters

baca: Review Sinopsis Film Joker (2019), Awal Kehidupan Pahit Penjahat Legendaris

Seperti film pendahulunya, Film Percy Jackson Sea of Monsters juga menawarkan ketegangan yang sama dari petualangan Percy dan semua temannya.

Dengan efek visual dan rangkaian adegan aksi yang mendebarkan, Percy Jackson Sea of Monsters menjadi film fantasi yang menyuguhkan keseruan bagi penontonnya.

Sumber foto: 20th Century Fox

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OST True Beauty

How Do You Do? – Chani (SF9) | OST True Beauty Lirik Lagu

Review Sinopsis Film Pitch Perfect 2012

Review Sinopsis Film Pitch Perfect 1 (2012), Drama Komedi Musikal Acapella Kampus