in ,

WOWWOW

Review Sinopsis Film Ratatouille (2007), Tikus Ingin Menjadi Chef

Animasi Inspiratif tentang impian seekor tikus bernama Remy yang ingin menjadi koki

Review Sinopsis Film Ratatouille

Wekepo.comRatatouille adalah film animasi komputer hasil kolaborasi Disney dan Pixar yang dirilis pada 2007. Disutradarai dan ditulis oleh Brad Bird, film Ratatouille menceritakan tentang impian seekor tikus bernama Remy yang ingin menjadi koki.

Para aktor yang terlibat dalam film Ratatouille diantaranya Patton Oswalt yang mengisi suara karakter Remy, Ian Holm sebagai Koki Skinner, Lou Romano sebagai Alfredo Linguini, Brian Dennehy sebagai ayah Remy, Peter Sohn sebagai Emile, Peter O’Toole sebagai Anton Ego, Brad Garrett sebagai Auguste Gusteau, dan Janeane Garofalo sebagai Colette Tatou.

Ingin tahu tentang lika-liku cerita si tikus Remy dalam menggapai mimpinya sebagai Chef? Yuk, langsung saja baca sinopsis film Ratatouille berikut ini.

Sutradara Brad Bird
Penulis Naskah
  • Jan Pinkava
  • Jim Capobianco
  • Brad Bird
Tanggal Rilis
  • 22 Juni 2007 (Kodak Theatre)
  • 29 Juni 2007 (United States)
Durasi Tayang111 menit
Asal NegaraUnited States
Bahasa English
Genre / TemaFantasi, Komedi, Komputer Animasi

Sinopsis Film Ratatouille (2007)

Film Ratatouille mengikuti kisah sang tokoh utamanya, seekor tikus kecil dengan bulu abu-abu yang bernama Remy. Remy tinggal bersama kakaknya Emile dan ayahnya yang merupakan pemimpin kawanan tikus jalanan di Kota Paris, Prancis.

Tak seperti ayah dan kakaknya yang rakus, kotor, dan dungu seperti tikus pada umumnya, Remy adalah tikus yang sangat cerdik. Ia memiliki ketertarikan besar pada makanan, mempunyai selera kuliner yang tinggi, dan sangat pandai dalam mengolah bahan masakan.

Remy bahkan bermimpi untuk bisa menjadi koki terkenal dengan bakat memasak yang ia miliki. Idola Remy adalah seorang koki terkenal bernama Auguste Gusteau. Meski Gusteau telah meninggal, sosok koki itu selalu menjadi inspirasi bagi Remy dan kerap hadir dalam wujud teman imajinasinya.

Suatu hari, Remy dan Emile pergi mencari bumbu yang dibutuhkan oleh Remy untuk mengolah beberapa buah jamur yang mereka temukan. Mereka masuk ke dalam rumah seorang wanita tua untuk mencuri bumbu-bumbu itu.

baca: Sinopsis Film Pride and Prejudice (2005), Ketika Benci Jadi Cinta

Di tengah pencarian mereka, si wanita tua pemilik rumah terbangun dan menyadari keberadaan Remy dan Emile di dapurnya. Oleh karena itu, ia pun berusaha membunuh kedua tikus itu.

Tetapi, kekacauan itu membuat atap rumah si wanita tua runtuh dan membongkar tempat persembunyian dari koloni tikus Remy yang tinggal di sana. Kawanan itu pun mencoba kabur dari rumah untuk menghindari si wanita tua yang menggunakan senapan untuk membunuh mereka.

Dalam usaha pelarian itu, Remy terpisah dari koloninya di saluran air. Ia lalu mendapati dirinya tersesat di tengah Kota Paris, sendirian dan kelaparan.

Kemudian, Remy tanpa sengaja sampai di atap jendela dapur dari restoran terkenal milik Gusteau sendiri. Awalnya, Remy berniat mencuri beberapa bahan makanan.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Tapi, ia lalu mengamati seorang petugas kebersihan di restoran itu, Alfredo Linguini, yang bertindak ceroboh hingga mengacaukan sup yang sedang dimasak oleh para koki.

Remy yang tidak tahan melihat kebodohan Linguini akhirnya memutuskan untuk diam-diam turun tangan dan memperbaiki sup itu hingga rasanya menjadi enak lagi. Namun, Linguini lalu menangkap basah perbuatan Remy itu dan menyembunyikan Remy dari koki Skinner.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Skinner merupakan mantan wakil dan tangan kanan Gusteau ketika koki itu masih hidup. Setelah Gusteau meninggal, Skinner menggantikan posisi Gusteau sebagai pemilik restoran.

Skinner sempat melihat bahwa Linguini menambahkan sesuatu di sup yang akan disajikan pada kritikus yang memesannya. Ia nyaris melampiaskan kemarahannya pada sikap Linguini yang lancang.

Namun, pramusaji restoran tiba-tiba masuk ke dapur dan mengumumkan bahwa kritikus itu justru sangat menyukai sup buatan Linguini. Padahal, sup itu sebenarnya dibuat oleh Remy.

baca: Review Sinopsis Film Joker (2019), Awal Kehidupan Pahit Penjahat Legendaris

Skinner merasa curiga dengan kejadian ini, dan berniat memecat Linguini. Tetapi, satu-satunya koki wanita di restoran itu, Colette Tatou, meyakinkan Skinner untuk justru mengasah bakat memasak Linguini.

Di tengah pembicaraan itu, Skinner sekilas melihat Remy yang mencoba melarikan diri. Skinner lalu menyuruh Linguini untuk membawa keluar Remy dan membunuhnya.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Namun, saat Linguini akan menenggelamkan Remy ke sungai, ia menyadari bahwa Remy sebenarnya bisa memahami perkataannya. Ia pun mengurungkan niatnya untuk membunuh Remy.

Linguini justru membuat kesepakatan dengan Remy. Jika Remy bersedia membantunya untuk bisa nampak seperti koki yang handal, maka ia akan melepaskan Remy.

Merasa iba dengan Linguini, Remy pun akhirnya setuju untuk membantu pemuda itu. Linguini membawa Remy pulang ke apartemennya dan memberi tikus itu tempat tinggal dan makanan.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Keesokan harinya, Remy lalu membantu Linguini untuk menyelesaikan tantangan dari Skinner untuk membuat ulang sup itu dengan cara menyusup dalam baju Linguini. Meskipun sup tersebut berhasil, tetapi tubuh Linguini penuh dengan goresan dari Remy.

Oleh karena itu, ketika Linguini dan Remy pulang ke rumah pada sore itu, mereka berdua berusaha membuat sebuah rencana baru yang lebih baik. Bukannya menyusup ke dalam baju Linguini, Remy justru masuk ke dalam topi koki Linguini.

baca: Review Sinopsis Film Breakfast at Tiffany’s, Romcom Ikonik Audrey Hepburn

Remy menarik sejumput rambut Linguini, seperti cara memainkan boneka dengan tali, untuk mengendalikan gerakan tangan Linguini. Linguini kemudian berlatih memasak dengan cara tersebut dan dalam kondisi mata tertutup.

Setelah mengalami beberapa kali percobaan yang gagal, keduanya pun dapat saling berkoordinasi dan berhasil melakukan trik itu dengan baik.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Di restoran Gusteau, Linguini pun kini diangkat sebagai koki baru. Skinner memercayakan Colette untuk mengawasi dan melatih Linguini agar lebih mahir.

Hari-hari pun berlalu. Berkat bantuan Remy, Linguini berhasil menjadi koki yang andal. Tak hanya itu, berbagai masakan buatan Linguini juga perlahan mengantarkan Restoran Gusteau kembali seperti pada kejayaannya di masa lalu.

Restoran Gusteau dulu merupakan restoran bintang lima, namun reputasinya turun ketika seorang kritikus makanan ternama Anton Ego memberi ulasan negatif pada masakan Gusteau. Setelah mendengar bahwa Restoran Gusteau bangkit lagi, Ego pun mengumkan bahwa ia akan segera berkunjung lagi ke restoran itu untuk memberi ulasannya.

Meski begitu, Skinner mulai merasa curiga dengan rahasia keberhasilan Linguini. Sebab, ia pernah tanpa sengaja melihat Linguini bercakap-cakap dengan Remy secara sekilas. Skinner mencoba membuat Linguini untuk mabuk agar mengungkapkan rahasianya, namun Skinner tetap tidak berhasil mendapatkan informasi yang ia cari.

baca: Review Sinopsis Film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Suatu hari, Remy menyaksikan saat Skinner mengetahui sebuah fakta mengejutkan bahwa Linguini ternyata adalah anak kandung dari Gusteau. Jika fakta ini sampai diketahui oleh orang banyak, maka Linguini bisa menjadi pemilik restoran itu, menggantikan posisi Skinner.

Oleh karena itu, Skinner berusaha menutupi dokumen yang menyatakan tentang fakta ini. Tetapi, Remy berhasil mendapatkan dokumen itu dan menyerahkannya pada Linguini. Setelah mengetahui ini, Linguini pun segera memecat Skinner dan akhirnya menjadi pemilik baru dari Restoran Gusteau.

Di bawah arahan Linguini, restoran itu pun semakin berkembang. Tetapi, Linguini kemudian mulai semakin dekat dengan Colette dan menghabiskan banyak waktunya dengan gadis itu.

Hal ini perlahan membuat Remy merasa tersingkirkan dan tidak diperlukan lagi. Suatu malam, ketika restoran itu sudah tutup, Remy sedang duduk di halaman belakang restoran ketika ia bertemu dengan kakaknya, Emile, yang sedang makan dari tumpukan sampah.

Remy pun diantar oleh Emile kembali ke tempat koloninya kini tinggal. Ia bersatu lagi dengan ayahnya yang awalnya sangat gembira bisa bertemu dengan Remy.

Tetapi, saat ayahnya mengetahui tentang apa yang dilakukan oleh Remy beberapa waktu belakangan itu, ayahnya pun menjadi kesal. Ia mengajak Remy untuk melihat gantungan tikus yang dibunuh oleh manusia dan mengatakan bahwa manusia akan selalu bersikap jahat pada tikus.

Beberapa waktu kemudian, Remy dan Linguini terlibat dalam sebuah pertengkaran. Remy yang merasa sakit hati kemudian mengajak para anggota koloninya untuk masuk ke dapur restoran dan mencuri bahan makanan yang ada.

Saat aksi Remy ini diketahui oleh Linguini, Linguini pun marah besar. Linguini akhirnya mengusir Remy dan koloninya keluar dari restoran.

Namun, tanpa sepengetahuan Linguini, Skinner yang telah mengetahui tentang campur tangan Remy pada masakan Linguini sebenarnya telah mengintai mereka dan berencana menculik Remy. Ia ingin memanfaatkan bakat memasak Remy untuk mengembangkan usahanya sendiri.

Ketika kesempatan itu akhirnya datang, Skinner pun berhasil menangkap Remy. Untungnya, Remy kemudian berhasil diselamatkan oleh ayahnya dan Emile.

Setelah Remy bertemu lagi dengan Linguini, Linguini meminta maaf pada Remy atas sikapnya. Linguini juga akhirnya mengaku pada seluruh staf restoran itu bahwa kemahirannya memasak selama ini sebenarnya dikendalikan oleh Remy.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Para staf merasa kecewa dengan pengakuan ini dan satu per satu dari mereka pun memutuskan untuk mengundurkan diri hingga hanya tersisa Linguini dan Remy. Namun, Colette akhirnya kembali setelah teringat bahwa Gusteau percaya semua orang bisa memasak, tak peduli apapun latar belakang mereka.

Linguini, Remy, dan Colette menghadapi tantangan besar karena malam itu Ego akan mengunjungi restoran mereka dan mereka kini kekurangan staf. Ayah Remy dan Emile akhirnya datang dan menawarkan bantuan mereka menjadi koki pengganti.

baca: Sinopsis Film Chef (2014), Kuliner ala Koki Food Truck

Dengan arahan Remy, koloni tikus itu pun berhasil mengerjakan berbagai pesanan dari pengunjung. Sementara itu, Linguini menjadi pramusaji yang melayani pengunjung.

Tapi, Skinner dan seorang petugas pengawas kebersihan datang ke restoran itu. Mereka amat terkejut melihat pemandangan aneh di hadapan mereka. Tetapi, koloni tikus bertindak cepat dan segera menyekap kedua orang itu di dalam gudang.

Remy membuatkan Ego sebuah hidangan tradisional bernama Ratatouille. Saat memakannya, Ego menjadi takjub karena kelezatan masakan itu yang mengingatkannya pada masakan sang ibu.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Review Sinopsis Film Ratatouille

Review Sinopsis Film Ratatouille

Malam itu, setelah semua pengunjung pulang, Ego akhirnya diperkenankan untuk bertemu dengan koki yang menyiapkan masakannya. Saat melihat Remy, ia terkejut, tapi tetap bersikap objektif dan menuliskan ulasan positif.

Namun, setelah Skinner dan pengawas kebersihan itu dibebaskan, tentu saja kabar mengenai keberadaan tikus di Restoran Gusteau itu segera tersiar. Berita ini menyebabkan bangkrutnya Restoran Gusteau serta jatuhnya kredibilitas Ego sebagai kritikus makanan.

Tetapi, Linguini, Colette, dan Remy akhirnya memulai bisnis restoran baru yang mereka beri nama “La Ratatouille”, dengan Ego sebagai investor dari restoran itu.

Review Sinopsis Film Ratatouille

Itulah tadi ulasan cerita dan sinopsis film Ratatouille.

Kesimpulan Film Ratatouille

Selain menyentuh, kisah dalam film Ratatouille juga sangat inspiratif dan memiliki pesan motivasi yang luar biasa. Film ini berusaha menyampaikan bahwa kita harus berani mengejar impian dan tak menjadikan latar belakang kita sebagai penghalang untuk mencapainya.

Dari ulasan cerita diatas film animasi barat ini cukup bukan? Nah, jangan lupa untuk nonton film Ratatouille langsung, ya.

Sumber foto: Walt Disney Pictures

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Pride and Prejudice

Review Sinopsis Film Pride and Prejudice (2005), Ketika Benci Jadi Cinta

Review Sinopsis Film Sense and Sensibility

Review Sinopsis Film Sense and Sensibility (1995), Cinta Dua Gadis Keluarga Miskin