Review Sinopsis Drama Start Up 2020
in ,

SUKASUKA

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 Episode 1-16 Tamat (Bae Suzy & Nam Jo Hyuk)

Drama Korea Komedi Romantis Tentang Perjuangan Membangun Bisnis Teknologi

Wekepo.com – Untuk menutup tahun 2020 channel tvN tak henti menghadirkan serial drama korea terbaru 2020 untuk menemani pemirsa. Start Up adalah serial drama yang menceritakan perjuangan generasi muda dalam hal pekerjaan khususnya di bidang  teknologi.

Dibintangi Bae Suzy dan Nam Jo Hyuk sebagai pemain utamanya, drama yang memiliki 16 episode ini, ditayangkan mulai 17 Oktober 2020 untuk menggantikan slot drama “Stranger 2” yang sudah habis masa penayangannya.

Beberapa orang produksi yang terlibat untuk menggarap drama ini juga bukan kaleng-kaleng. Pasalnya drama ini merupakan hasil arahan sang sutradara kondang bernama Oh Choong Hwan yang sebelumnya pernah menggarap serial terkenal diantaranya “Hotel Del Luna” (2019), “Doctors” (2016) dan “While You Were Sleeping” (2017) yang juga dibintangi oleh Bae Suzy.

Nah untuk naskah ceritanya, drakor bertema komedi romantis ini merupakan hasil karya sang penulis Park Hye-Ryun dimana ia juga pernah menggarap naskah untuk drama “I Can Hear Your Voice” (2013) dan “Pinocchio” (2014).

Sebelum kita membahas ulasan cerita drakor Start Up, berikut adalah youtube trailer dari serial drama Start Up.

Detail Drama Start Up

Judul Drama 스타트업 / Seutateueop / 샌드박스 / Saendeubakseu / Startup / Sandbox
Genre / TemaBisnis, Komedi, Romantis, Masa Muda
SutradaraOh Choong Hwan
Penulis NaskahPark Hye Ryun
Rumah ProduksiStudio Dragon, HiSTORY D&C
Channel TVtvN
Jumlah Episode16 episode
Jadwal Tayang17 Oktober 2020 – 6 Desember 2020
Tayang setiap hariSetiap Sabtu & Minggu pukul 21:00 waktu Korea atau 19:00 WIB

Sinopsis Singkat Drama Start Up 2020

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 Poster

Drama Start-Up adalah serial drama korea bertema komedi romantis terbaru 2020 yang menceritakan kisah orang-orang yang bekerja di perusahaan Start-Up.

Nah mungin diantara sobat semua, ada yang masih belum tau arti perusahaan Start Up, nah mimin akan mencoba sedikit menjelaskan. Perusahaan Start Up (Start-Up) merupakan perusahaan yang berjalan dibawah 5 tahun, atau perusahaan yang baru saja dirintis. Dan menurut Wikipedia, startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi.

Namun, pada sekitar tahun 2000an sejak masa industri ‘dot-com’ populer, pergeseran makna ‘startup’ di dunia bisnis pun mengalami pergeseran arti.

baca: 43 Daftar Drama Korea Komedi Romantis Terbaru 2017 Terbaik Rating Tinggi Terpopuler

Saat ini, definisi arti dari Startup adalah sebuah usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya dan memecahkan sebuah masalah di masyarakat. Sehingga memiliki sifat ‘disruptive’ didalam sebuah pasar / industri yang sudah ada atau bahkan menciptakan sebuah industri baru.

Kembali ke topik…

Nah udah tahu kan ? Diceritakan karakter utama Seo Dal Mi (diperankan oleh Bae Suzy), adalah sosok wanita ambisius yang bermimpi menjadi Steve Jobs dari Korea.

Ia hanyalah anak muda yang tak memiliki banyak harta dan terpaksa berhenti kuliah. Demi menyambung hidup, Seo Dal Mi rela mengambil banyak pekerjaan, mulai dari tutor, barista, kurir, agen call center, montir mobil, operator alat berat, asisten salon kuku, juru kampanye, hingga pelatih kebugaran.

Disisi lain, ada pemuda bernama Nam Do San (diperankan oleh Nam Joo Hyuk), mantan siswa termuda pemenang olimpiade matematika.

Kala itu, Nam Do San menjadi putra kebanggaan keluarga, tetapi itu 15 tahun yang lalu. Sekarang kebanggan keluarganya menghilang karena Do San tak kunjung mendapatkan pekerjaan setelah lulus dan ia menyia-nyiakan uang keluarganya di Samsan Tech, sebuah bisnis kecil yang ia bangun.

Sudah dua tahun bisnis ini berjalan, namun Samsan Tech tak pernah menghasilkan keuntungan.

Hingga pada akhirnya Do San bertemu dengan Han Ji Pyeong (diperankan oleh Kim Seon Ho), seorang investor muda yang dikenal sebagai lambang kekayaan dan kesuksesan.

Ji Pyeong merupakan pemimpin tim di SH Venture Capital. Ia juga memiliki keterampilan investasi yang menakjubkan, lidahnya yang tajam membuatnya mendapat julukan Gordan Ramsay dari Korea. Berkat Ji Pyeong inilah, Do San berhasil menata kembali kehidupannya sebagai pengusaha.

Para pengusaha muda ini kemudian bertemu dengan CEO Won In Jae (diperankan oleh Kang Han Na), wanita kaya nan cantik dengan latar belakang yang begitu sempurna dan banyak dihormati. In Jae dilahirkan dalam keluarga kaya, tetapi demi mempertahankan posisinya saat ini, ia harus bekerja tiga kali lebih keras dibandingkan orang lain.

In Jae kemudian melakukan semua yang dia bisa lakukan untuk menciptakan kesuksesan sendiri. Ia kemudian mendirikan sebuah perusahaan start up.

Sinopsis Drama Korea Start Up 2020 Episode 1-16

baca: Sinopsis Drama While You Were Sleeping Episode 1-Terakhir & Pemainnya

  • Review Start Up Episode 1 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 2 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 3 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 4 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 5 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 6 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 7 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 8 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 9 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 10 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 11 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 12 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 13 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 14 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 15 | Sinopsis
  • Review Start Up Episode 16 | Sinopsis

Pemeran Pemain Drama Korea Start Up 2020

1# Bae Suzy memerankan karakter Seo Dal Mi

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 dengan Profil Pemain Bae Suzy

Bae Suzy merupakan aktris yang memulai karirnya sebagai anggota girl band “Miss A” dengan posisi pemimpin vokal. Gadi kelahiran 10 Oktober 1994 ini mulai merambah dunia akting mulai tahun 2011 dengan drama perdananya yang berjuduk “Dream High Season 1”. Meskipun drama ini merupakan drama perdananya, Bae Suzy bahkan berhasil menyabet penghargaan sebagai “Newcomer Awards” dalam acara  2011 KBS Drama Awards.

Selain Start Up, drama korea yang Bae Suzy bintangi diantaranya Vagabond (SBS, 2019), While You Were Sleeping (SBS, 2017), Uncontrollably Fond (KBS2, 2016), You Who Came From the Stars (SBS, 2013), KangChi, The Beginning (MBC, 2013), Big (KBS2, 2012), dan masih banyak lagi.

Dalam serial drama Start-Up ini Bae Suzy menjadi main females lead atau tokoh wanita utama bernama Seo Dal Mi. Ia hanyalah wanita sederhana, tidak kaya dan harus putus kuliah untuk melakukan berbagai pekerjaan sambilan dengan harapan ia bisa menciptakan sebuah perusahaan sendiri.

baca: Profil Pemain, Review Sinopsis Vagabond Episode 1-16 Tamat [Lee Seung Gi & Bae Suzy]

2# Nam Joo Hyuk memerankan karakter Nam Do San

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 dengan Profil Pemain Nam Joo Hyuk

Nam Jo Hyuk merupakan aktor kelahiran 22 Februari 1994 yang mengawali karirnya sebagai model di YG Entertainmet. Di dunia akting, ia mulai membintangi serial drama “Surplus Princess” (2015). Namanya semakin melejit setelah ia sukses membintangi serial “School 2015: Who Are You?” (KBS2, 2015).

Selain drama Start Up, drama korea yang dibintangi Nam Jo Hyuk diantaranya The School Nurse Files (Netflix, 2020), Dazzling (jTBC, 2019), Bride of the Water God (tvN, 2017), Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (MBC, 2016), Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo (SBS, 2016), Cheese in the Trap (tvN, 2016), Glamorous Temptation (MBC, 2015), School 2015: Who Are You? (KBS2, 2015), Surplus Princess (tvN, 2014).

Dalam serial Start Up, Nam Jo Hyuk akan memainkan karakter Nam Do San, pria yang cukup jenius namun memiliki kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Setelah lulus kuliah, ia bahkan tidak langsung mendapatkan pekerjaan. Do San kemudian berjuang membangun bisnis teknologi yang dinamai Samsan Tech.

baca: Sinopsis Bride of the Water God 2017 Episode 1-Tamat dan Pemain Lengkap

4# Kim Sun Ho memerankan karakter Han Ji Pyung

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 dengan Profil Pemain Kim Sun Ho

Bagi sebagian pecinta drama korea, masih asing dengan aktor Kim Sun Ho. Meski demikian, Kim Sun Ho sendiri memulai debut perdananya melalui drama “Chief Kim” (2017). Ia bahkan langsung berhasil menjadi pemain utama dalam serial “Strongest Deliveryman” (2017).

Wajahnya yang manis dengan lesung pipi menghiasi membuatnya semakin disukai, khususnya oleh kaum hawa. Tapi, apakah sobat menyangka jika Kim Sun Ho ini adalah aktor kelahiran tahun 1986?

Nama aktor kelahiran 8 Mei 1986 ini sebenarnya sudah sangat populer di Korea setelah ia menjadi pemain utama dalam serial drama korea komedi populer yang berjudul “Welcome to Waikiki 2” (2019). Selain beberapa drama yang sudah disebutkan diatas, drama yang dibintangi Kim Sun Ho diantaranya Find Me in Your Memory (MBC, 2020), Catch the Ghost (tvN, 2019), Eulachacha Waikiki 2 (jTBC, 2019), Feel Good To Die (KBS2, 2018), 100 Days My Prince (tvN, 2018), You Drive Me Crazy! (MBC, 2018), Two Cops (MBC, 2017).

baca: Sinopsis Eulachacha Waikiki Season 2 (2019) Episode 1-Tamat [Kim Sun Ho, Lee Yi Kyung, Shin Hyun Soo]

5# Kang Han Na memerankan karakter Won In Jae

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 dengan Profil Pemain Kang Han Na

Kang Han Na adalah aktris naungan agensi Keyeast Entertainment yang mengawali karirnya di tahun 2009 melalui sebuah film pendek. Sebelum ia membintangi start up, Kang Han Na sudah banyak membintangi serial drama diantaranya Record of Youth (tvN, 2020), Woman with a Bleeding Ear (tvN, 2019), Designated, Survivor: 60 Days (tvN, 2019), Familiar Wife (tvN, 2018), Just Between Lovers (jTBC, 2017), Candle in the Tomb (iQIYi, 2017), Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo (SBS, 2016), dll.

Drama serial ini, Kang Han Na akan memerankan tokoh Won In Jae, seorang wanita muda dari keluarga kaya yang berpenampilan cantik, memiliki banyak uang dan berpendidikan. Namun ia juga ingin membangun istana kesuksesnya secara mandiri, ia kemudian ikut memulai bisnis start up.

Pemain Utama Muda

  • Heo Jung Eun memerankan karakter Seo Dal Mi (muda)
  • Kim Kang Hoon memerankan karakter Nam Do San (muda)
  • Nam Da Reum memerankan karakter Han Ji Pyoeng (muda)
  • Lee Re memerankan karakter Won In Jae (muda)

Pemeran Pendukung

  • Kim Hae Sook memerankan karakter Choi Won Duk (Nenek Dal Mi)
  • Kim Joo Hun memerankan karakter Seo Chung Myung (Ayah Dal Mi & In Jae)
  • Kim Hee Jung memerankan karakter Park Geum Jung (Ibu Do San)
  • Kim Won Hae memerankan karakter Nam Sung Hwan (Ayah Do San)
  • Jung Se Hyun (장세현) memerankan karakter Nam Chun Ho (Paman Do San)
  • Hong Boo Hyang (홍부향) memerankan karakter Ibu Chun Ho
  • Yoo Seung Il (유승일) memerankan karakter Ayah Chun Ho
  • Kim Do Wan memerankan karakter Kim Yong San (software engineer)
  • Yoo Soo Bin memerankan karakter Lee Chul San (software engineer)
  • Seo Yi Sook memerankan karakter Yoon Sun Hak (SH Venture Capital CEO / Sandbox)
  • Kim Min Suk memerankan karakter Park Dong Chun (SH Venture Capital)

Sinopsis Terakhir Start Up Episode 16 TAMAT

Review Sinopsis Drama Start Up 2020 Episode Lengkap Poster

Singkat cerita diepisode terakhir ini, Nam Do San dan Seo Dal Mi berhasil mengatasi wartawan yang ingin menjatuhkan mereka dengan kasus peretasan di Cheong Myeong Company beberapa waktu lalu.

Hubungan antara Seo Dal Mi dan Nam Do San juga berangsur membaik setelah keduanya memutuskan untuk kembali berkencan. Sang merana, yakni Han Ji Pyoeng perlahan namun pasti mulai menyelesaikan perasaannya pada Dal Mi.

Tentu ini bukan perkara mudah untuk melupakan perasaannnya dimana sudah 3 tahun, ia menyukai Dal Mi secara sepihak.

baca: Review Pemain, Sinopsis Drama True Beauty Episode 1-16 [Moon Ga Young, Cha Eun Woo]

Pada detik-detik terakhir episode 16 ini, diceritakan tim Nam Do San dan Seo Dal Mi bekerja keras untuk mengikuti tender DQ Group dengan membuat proposal ide bisnis terkait mobil kemudi otomatis.

Mereka sebenarnya tak berharap menang dalam tender itu, pasalnya banyak pesaing besar yang memiliki peluang untuk memenangkan tender itu. Namun paling tidak, mereka sudah mencoba dan mengambil pengalaman melalui tender tersebut.

Demikianlah ulasan atau sinopsis drama korea Start Up 2020, semoga sobat wekepo semuanya suka. Kalian bisa nonton drakor ini dengan cara download melalui internet atau melalui website streaming berbayar kesangan kamu.

Galeri Drama Start Up 2020

sumber gambar : tvN

Written by wekepo

wekepo.com menyuguhkan informasi dan update seputar dunia entertainment. Dikelola oleh tim wekepo.com

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban 2004 Trailer Cast

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Goblet of Fire 2005 Triler dan Cast

Review Sinopsis Film Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)