Review Sinopsis A Jewel in the Palace
in ,

Review Sinopsis A Jewel in the Palace – Dae Jang Geum Episode 1-72 Lengkap

Kisah Persaingan Antar Juru Masak di Era Dinasti Joseon

Review Sinopsis A Jewel in the Palace / Daejanggeum – merupakan serial drama korea tema kerajaan yang ditayangkan oleh channel MBC TV dengan mengambil latar cerita di dinasti Joseon. Selain dikenal dengan judul “A Jewel in the Palace”, drakor yang rilis pada tahun 2003 ini juga dikenal dengan judul lain “Dae Jang Geum”. Bagaimana ceritanya? Yuk langsung kita simak sinopsis drama A Jewel in the Palace selengkapnya dibawah ini.

Detail Drama

  • Judul Drama: A Jewel in the Palace
  • Judul Lain : Dae Jang Geum
  • Hangul: 대장금
  • Sutradara: Lee Byung-Hoon
  • Penulis Naskah: Kim Young-Hyun
  • Channel TV: MBC
  • Jumlah Episodes: 72
  • Genre : Historical Kerajaan Joseon
  • Jadwal Tayang : 15 September 2003 – 23 Maret 2004
  • Durasi : 60 menit / episode

Sinopsis Singkat A Jewel in the Palace

Sinopsis A Jewel in the Palace

A Jewel in the Palace adalah drama korea bertema kerahaan jaman Dinasti Joseon, di masa pemerintahan Raja Seongjong, Raja Yeonsan-gun hingga masa Raja. Kisahnya dimulai dari ibu dari Yeonsan-gun yang masih muda yang diracun oleh sekelompok pengawal istana di bawah perintah raja.

Kisah ceritanya berlanjut ketika seorang pengawal istana, Seo Cheon-su (diperankan oleh Park Chan Hwan) yang pulang ke rumahnya, namun ia mengalami kecelakaan. Ia diselamatkan oleh seorang pertapa Taois. Sang pertapa mengatakan kepadanya bahwa hidupnya akan berada di sekitar tiga orang perempuan.

Ia akan menyelamatkan perempuan yang kedua tetapi bisa menyebabkan kematiannya. Sedangkan perempuan ketigalah yang akhirnya sebagai penyebab kematiannya. Kemudian dijelaskan bahwa ketiga perempuan itu adalah ibu Yeonsangun, ibu Jang-geum, dan Jang-geum sendiri.

Akibat peristiwa ini akhirnya Seo Cheon-su mengundurkan diri. Sementara itu Dayang-Istana Park, seseorang yang sedang di dapur istana, menyaksikan persekongkolan terhadap ibu suri yang dilakukan oleh Dayang-Istana Choi. Untuk menyelamatkan kelompoknya sang Dayang Istana Park difitnah oleh kalangan dalam staf dapur senior. Secara diam-diam diperintahkan untuk dibunuh melalui prosedur internal mereka.

baca: Review Sinopsis The Tale of Nokdu Episode 1-Tamat [Jang Dong Yoon & Kim So Hyun]

Tetapi Ia masih beruntung karena diselamatkan oleh Dayang-Istana Han, teman baiknya di istana. Secara tidak sengaja keduanya diselamatkan oleh Seo yang sudah pensiun. Keduanya pergi untuk hidup menyelamatkan di sebuah desa terpencil. Mereka menyamar menjadi petani kecil. Akhirnya mereka menikah hingga membesarkan seorang anak perempuan yang sangat cerdas, dialah Seo Jang-geum (diperankan oleh Lee Young Ae).

Selanjutnya dikisahkan pada tahun 1504, Raja Yeonsanggun melakukan penyelidikan besar-besaran tentang kematian ibunya. Sampai akhirnya menemukan Seo dan keluarganya.

Seo kemudian ditangkap dan dapat diduga bahwa kemungkinan bakal dihukum mati. Jang-geum dan ibunya lari untuk menyelamatkan diri, namun ibu Jang-geum terluka parah dalam pelariannya itu. Karena parahnya sebelum meninggal ia menyampaikan pesannya yang terakhir kepada Jang-geum.

Sang ibu menginginkan Jang-geum menjadi juru masak kepala di dapur kerajaan. Ibunya mencatat rahasia sebuah kasus dalam buku catatan sejarah rahasia kaum perempuan di dapur istana. Dengan catatan itu bisa terkuak konspirasi dan rahasia atas sebuah kasus di istana. Terungkapnya rahasia itu juga untuk membalaskan tuduhan kepadanya dan demi kehormatannya.

Jang-geum harus mengalami dan menghadapi sejumlah petualangan agar dapat masuk ke istana. Melalui keberanian, tekad, rasa ingin tahu, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, ia berhasil menolong Dayang-Istana Han. Sang dayang adalah sahabat baik ibunya yang baru ia ketahui. Ketika berada di istana, ia mengalami banyak penderitaan dan cobaan hingga dijauhi orang karena ia lebih pandai daripada para pekerja yang lainnya.

Namun Jang-geum tanpa putus asa terus memasak tanpa memikirkan apapun yang akan terjadi. Tujuannya memasaknya adalah demi kepuasan, kesehatan, kebahagiaan orang yang menikmati masakannya. Malangnya, sebuah permufakatan yang dipimpin oleh Dayang-Istana Choi, dan para pejabat tinggi. Tujuannya agar para pedagang tetap bisa memonopoli pasar barang impor. Akibatnya Dayang-Istana Han dan Jang-geum dibuang ke Pulau Jeju.

Ada banyak pendapat tentang Dae Jang-Geum. Catatan dalam Babad Dinasti Joseon, serta dokumen medis dari masa itu menyebutkan bahwa Dae Jang-Geum keberadaannya benar ada. Akan tetapi sumber deskripsi dan rujukannya sangat minim dan singkat. Disebutkan bahwa Dae Jang-geum adalah perempuan pertama yang menjadi dokter istana yang melayani raja dalam Sejarah Korea. Namun, ada pula yang mempercayai bahwa Dae Jang-Geum semata-mata hanyalah tokoh fiksi yang diambil dari berbagai rujukan.

Dari sinopsisnya sudah bisa ditebak bahwa drama korea berseri ini asyik ditonton. Karena ceritanya sangat lengkap dengan trik dan intrik penuh persekongkolan. Bisa tonton Daejanggeum drama korea streaming bersama keluarga dan orang tercinta.

baca: Review Sinopsis Midnight Runners (2017), Film Action Komedi Lucu Park Seo Joon & Kang Ha Neul

Trailer / Teaser /Preview

Sinopsis Drama A Jewel in the Palace Episode 1-72 Lengkap

baca: Drama Korea Kerajaan Kolosal Terbaik Romantis Paling Rekomended

Pemain Drama A Jewel in the Palace

1# Lee Young Ae memerankan tokoh Seo Jang Geum

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Seo Jang Geun merupakan karakter utama dalam serial drama A Jewel in the Palace ini.

Jang Geun adalah wanita yang cantik dan pintar. Semenjak orang tuanya meninggal saat pembantaian politik, Jang Geum mengalami banyak kesulitan dan hambatan. Namun semangatnya untuk tetap bertahan di Istana membuatnya menjadi wanita yang kuat dan memiliki semangat tinggi.

Ia pun mulai mempelajari keahlian medis dan menyembuhkan orang sakit, hingga akhirnya ia diangkat menjadi salah tabib istana wanita dengan tingkat 3, dimana hal tersebut belum pernah terjadi di era sebelumnya.

Menurut sejarah Korea, diawal abad 16, ada seorang kepala tabib istana wanita dengan tingkat 3 pada masa pemerintahan Raja Junjong. Tabib itu kemdudia diberikan gelar Dae didepan nama aslinya, Dae memiliki arti besar dalam bahasa korea. Raja Junjong sangat percaya dengan keahlian medis Jang Geum hingga menjadikannya tabib untuk mengurus keluarga kerajaan.

Namanya Jang Geum pun disebutkan sebanyak 7 kali dalam sebuah catatan sejarah Dinasti Joseon. Jang Geum juga disebutkan dalam buku “Yi dinasti, Medis Officer Jurnal” yang berisi “Lady Jang Geum yang asal usulnya tidak dapat ditelusuri.

Dituliskan Jang Geum menerima hak untuk disebut Dae Jang Geum berdasarkan sebuah dekrit yang dikeluarkan oleh Raja Jungjong, pada abad ke-18 masa pemerintahannya (1524-1525).

Pada masa itu tidak ada tabib wanita yang bisa mengobati Raja. Karena raja percaya dengan keahliaan Jang Geum dalam hal mengobati penyakit dengan makanan.

2# Ji Jin Hee memerankan tokoh Min Jung Ho

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Selanjutnya karakter utama pada drama ini adalah Min Jung Ho yang diperankan oleh Ji Jin Hee. Jung Ho adalah pria berpendidikan, cerdas dan juga berparas tampan.

Jung Ho merupakan seorang sarjana yang luar biasa, selain pandai dalam ilmu pengetahuan, dia juga pandai seni bela diri. Jung Ho kemudian bertemu bertemu dengan Jang Geum saat dirinya tertembak.

Jang Geum pun menyelamatkan hidupnya dengan mengobati luka dibadannya, lalu tanpa sadar Jung Ho mulai jatuh cinta pada Jang Geum.

Dalam sejarah. Tokoh ini merupakan tokoh fiksi dan tidak tercatat dalam sejarah. Tokoh ini sengaja dibuat untuk menampilkan adegan romantis antara Min Jung Ho bersama Dae Jang Geum. Merekapun saling jatuh cinta lalu menikah dan memiliki anak.

3# Hong Ri Na memerankan tokoh Choi Geum Young

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Karakter selanjutnya adalah Choi Geum Young yang diperankan oleh Hong Ri Na. Geum Young merupakan seorang yang ambisius dan arogan.

Geum Young adalah keponakan Dayang Choi. Ia bisa masuk kedalam istana berkat bantuan dan pengaruh dayang Choi.

Dalam sejarah. Choi Geum Young tidak dituliskan dalam buku. Namun agar cerita drama ini menjadi seru dan menegangkan, maka dibuatlah tokoh fiksi ini yang berperan sebagai rival Jang Geum di istana. Choi Geum Young juga di tugaskan menjadi dayang istana untuk memasak makanan keluarga kerajaan.

4# Lim Ho memerankan tokoh Raja Jungjong

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Lim Ho kali ini akan memerankan karakter Raja Junjong, Raja yang lembut, baik namun selalu ragu saat mengambil tindakan.

Setelah istri pertamanya meninggal karena bunuh diri akibat masalah politik, Raja Jungjong lebih banyak menutup dirinya karena dirundung duka mendalam. Raja Jungjong pun sadar bahwa ia hanyalah boneka para mentri, dan tak berdaya dalam menyelamatkan istrinya.

Raja mengenal Jang Geum saat dirinya sedang melakukan reformasi terhadap politik. Raja menyukai kepribadian Jang Geum yang hangat serta bakatnya yang luar biasa dibidang pengobatan. Raja juga merasa menemukan seseorang yang dapat diajak bicara, dan untuk pertama kalinya Raja membuka hatinya kembali dan jatuh cinta pada Jang Geum.

Menurut catatan sejarah. Raja Jungjong adalah raja ke-11 Dinasti Joseon, yakni tahun 1506-1544. Dia adalah raja yang lemah yang mudah diperalat oleh para mentrinya.

Pada masa pemerintahannya banyak terjadi kekerasan, korupsi dan segala intrik politik lainnya. Jungjong juga menunjuk Jang Geum agar menjadi tabib pribadinya, padahal pada masa itu perempuan tidak dibolehkan mengobati raja.

5# Yang Mi Kyung memerankan tokoh Dayang Han Sang Gung

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Karakter selanjutnya adalah Dayang Han Sang Gung yang diperankan oleh Yang Mu Kyung. Dayang Han adalah guru Jang Geum saat menjadi dayang di biro masak, ia juga sahabat karib mendiang Ibu Jang Geum.

Dayang Han memiliki kepribadian baik hati, tegas dan teguh pada pendiriannya. Ia sangat menyesal, karena dulu ia tak dapat menyelamatkan Ibu Jang Geum. Dia memiliki bakat kuliner yang sangat baik dan mampu mengidentifikasi bahan-bahan apa saja yang ada didalam piring.

Dalam catatan sejarah, Dayang Han tidak tercacat dalam buku. Karakter ini sengaja dibuat dalam drama sebagai tokoh fiksi untuk membantu Jang Geum di istana.

baca: Sinopsis Drama Rookie Historian Goo Hae Ryung [Cha Eun Woo, Shin Se Kyung]

6# Kyeon Mi Ri memerankan tokoh Dayang Choi Seong Geum

Review Sinopsis A Jewel in the Palace - Dae Jang Geum

Karakter Drama Choi Seong Geum yang diperankan oleh Kyeon Mi Ri adalah bibi dari Geum Young. Ia adalah pemimpin tertinggi di biro memasak. Sifatnya licik, sombong dan melakukan apa saja agar keinginannya tercapai.

Ia memiliki kemampuan berpikir tajam dan cepat dalam bertindak, hal ini membuatnya selangkah lebih maju dalam melawan Jang Geum dan Dayang Han Sang Gung.

Dalam catatan sejarah, Dayang Choi tidak tercatat dalam buku. Karakter ini sengaja dibuat sebagai karakter fiksi yang dibuat sebagai tokoh antagonis, yaitu saingan dari Dayang Han Sang Gung dan Jang Geum. Dia membantu keponakannya Choi Geum Young dalam menyingkirkan Jang Geum dari istana.

baca: List Drama Korea Kerajaan Paling Rekomendasi Untuk Kaum Rebahan !

Pemeran Lainnya :

  • Lim Hyeon Shik memerankan Kang Deok Gu
  • Park Chan Hwan memerankan Seo Cheon Soo
  • Lee Hee Do memerankan Choi Pan Sul
  • Kim Hye Sun memerankan Park Myeong Hee

source images: idntimes

Written by wekepo

wekepo.com menyuguhkan informasi dan update seputar dunia entertainment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Review Sinopsis Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Film Adaptasi Karya Terbaik Hamka

Drama Lee Min Ho

5 Drama Korea Terpopuler Lee Min Hoo Wajib Ditonton