Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom
in

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark, Karya Klasik Spielberg Jadi Legenda Perfilman

Di kalangan penggemar film, nama Indiana Jones mungkin sudah tidak asing lagi. Ia termasuk salah satu karakter paling ikonik dalam sejarah perfilman.

Indiana Jones adalah seorang pria yang berprofesi sebagai arkeolog dan petualang. Dalam petualangannya untuk mencari artefak-artefak penting, ia kerap menemui berbagai rintangan bahaya.

Karakter Indiana Jones sendiri dalam serial film garapan Steven Spielberg pertama kali diperkenalkan dalam film Raiders of the Lost Ark. Sebagai penampilan khasnya, ia kerap mengenakan topi koboi, kemeja berwarna krim, jaket kulit, dan membawa tali laso.

Film Raiders of the Lost Ark merupakan salah satu film yang mencetak banyak sejarah baru dalam perfilman. Film bergenre aksi-petualangan ini kerap disebut menjadi inspirasi bagi film-film petualangan modern dan termasuk film feature paling awal yang berformat serial. Tak hanya itu, film produksi Amerika Serikat ini juga banyak dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang sejarah.

Berada di bawah arahan sutradara ternama Steven Spielberg, film Raiders of the Lost Ark didasarkan pada ide cerita yang dibuat oleh George Lucas dan Philip Kaufman. Sementara itu, naskah film ini sendiri ditulis oleh Lawrence Kasdan.

Harrison Ford, yang telah lebih dulu bersinar lewat penampilannya di salah satu serial Star Wars yang berjudul The Empire Strikes Back, memerankan karakter Indiana Jones sendiri di film Raiders of the Lost Ark. Selain dirinya, film ini juga menyuguhkan penampilan Karen Allen sebagai Marion Ravenwood, Paul Freeman sebagai Dr. René Belloq, Ronald Lacey sebagai Major Arnold Toht, John Rhys-Davies sebagai Sallah, dan Denholm Elliott sebagai Dr. Marcus Brody.

Pada penyelenggaraan The Academy Awards atau Oscars pada tahun 1982, film ini memenangkan lima penghargaan dari sembilan nominasi yang diterimanya. Termasuk dari lima penghargaan itu adalah kategori utama dalam Oscars yaitu Best Picture.

Film Raiders of the Lost Ark juga memperoleh pendapatan besar dari sisi komersial. Dengan biaya pembuatan sebesar $18 juta, film ini berhasil mengumpulkan $389,9 juta secara internasional. Bahkan, hingga saat ini, jika disesuaikan dengan tingkat inflasi, film berdurasi 115 menit ini masih menjadi salah satu film produksi Hollywood dengan pendapatan tertinggi sepanjang waktu.

baca: Review Sinopsis Film Inception, Misi Menegangkan Menjelajahi Alam Mimpi

Dengan segala kehebatannya ini, tentu menarik untuk mengetahui cerita lengkap dari film Raiders of the Lost Ark. Nah, berikut sinopsis film Raiders of the Lost Ark.

Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark

Bagian awal film Raiders of the Lost Ark mengambil latar di Peru, salah satu negara di Amerika Selatan, pada tahun 1936. Film menampilkan sosok Indiana Jones, sang arkeolog, bersama dua orang pria yang berprofesi sebagai pemandu lokal. Jones berusaha menemukan sebuah artefak langka yang tersembunyi di dalam sebuah gua.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Setelah menemukannya, Jones dikhianati oleh pemandunya yang berusaha merebut artefak itu. Jones akhirnya berhasil merebut kembali artefak yang ia temukan. Tetapi, di luar gua, musuh bebuyutannya, Dr. René Belloq lalu mengepung Jones dengan warga suku setempat. Walau terpaksa menyerahkan artefak itu, Jones akhirnya berhasil meloloskan diri dengan menaiki pesawat ringan yang telah menunggunya.

Jones juga bekerja sebagai profesor yang mengajar sejarah di Marshall College. Suatu hari, Jones didatangi oleh dua orang intel militer. Mereka mengungkapkan bahwa Nazi tengah memburu sebuah artefak dengan bantuan Abner Ravenwood, mantan mentor Jones saat ia menjadi mahasiswa di University of Chicago.

Ravenwood sendiri merupakan seorang arkeolog yang banyak meneliti tentang kota kuno Tanis di Mesir. Ia juga memiliki sebuah artefak Mesir yang disebut “Tongkat Ra”.

Jones menduga bahwa objek yang diincar Nazi adalah sebuah artefak kuno berharga yang disebut Tabut Perjanjian. Tabut ini dipercaya oleh Nazi memiliki keajaiban yang bisa membuat pasukan mereka semakin kuat.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Untuk mencegah Nazi memperoleh objek sejarah penting semacam itu, Jones pun diutus untuk mendapatkan Tabut itu terlebih dahulu sebelum Nazi menemukannya.

Jones berangkat ke Nepal untuk bertemu dengan Ravenwood dan meminta kepingan “Tongkat Ra” yang menjadi kunci untuk mendapatkan Tabut Perjanjian.

Namun, sesampainya di sana, Jones mendapati bahwa Ravenwood ternyata telah meninggal. Jones justru bertemu dengan putri tunggal Ravenwood yang juga merupakan mantan kekasih Jones, Marion Ravenwood.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Di bar milik Marion, mereka membuat kesepakatan jual-beli kepingan “Tongkat Ra”. Tetapi, tiba-tiba bar Marion diserang oleh sekelompok pasukan Nazi yang dipimpin oleh Arnold Toht. Jones pun terlibat dalam baku tembak dengan pasukan Toht.

Keadaan di dalam bar menjadi kacau oleh pertengkaran, hingga terjadi kebakaran yang menghanguskan sejumlah bagian bar. Kepingan “Tongkat Ra” jatuh ke dalam kobaran api. Toht tanpa sengaja membakar tangannya ketika mencoba menyentuh kepingan itu.

Jones dengan cepat mengambil kepingan “Tongkat Ra” dan membawa Marion keluar dari bar yang terbakar. Setelah kejadian itu, Marion bersedia menyerahkan kepingan itu dengan syarat Jones membawanya ikut serta dalam misi berbahaya itu.

baca: Review Sinopsis Film John Wick 3 : Parabellum, Pertarungan Setelah Menjadi Buronan

Jones dan Marion lalu pergi ke Kairo, Mesir. Di sana, mereka menemui salah satu kenalan Jones yang bisa membantu misi mereka, Sallah. Sallah adalah ahli dalam proyek penggalian.

Sallah memberitahu mereka bahwa Nazi dan Belloq sedang melakukan penggalian di sebuah situs bernama “The Wells of Souls” yang mereka yakini merupakan lokasi tersembunyinya Tabut Perjanjian. Tetapi, ketidaktahuan Nazi membuat mereka menggali di lokasi yang kurang tepat dan membuat mereka tidak juga menemukan situs itu.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Jones dan Marion lalu disergap oleh sekelompok pasukan Nazi. Mereka mencoba melarikan diri, tetapi Marion terjebak dalam sebuah ledakan dan tidak diketahui nasibnya. Di kemudian hari, Jones berhasil menemukan Marion yang ternyata masih hidup dan disekap di perkemahan Nazi. Tetapi, ia tidak berani membebaskan Marion karena khawatir Nazi akan menyadari keberadaannya.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Jones melanjutkan misinya. Setelah mengetahui lokasi yang tepat, ia dan Sallah pun mulai menggali titik yang dipercaya menjadi tempat penyembunyian Tabut.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Jones berhasil menemukan lokasi itu. Ia dan Sallah masuk ke dalam liang yang mengarah ke situs itu. Namun, lantai gua itu ternyata dipenuhi ular berbisa. Mereka berusaha menghalau ular-ular itu dengan menggunakan api.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Setelah berhasil mendapatkan Tabut Perjanjian, tiba-tiba di atas liang sudah menunggu pasukan Nazi yang merebut Tabut itu dari Jones. Tak hanya itu, mereka juga memerangkap Marion bersama dengan Jones di dalam liang.

baca: Review dan Sinopsis Film Bird Box 2018 Lengkap, Cerita Pertahanan Hidup dalam Mengungkap Teror

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Marion dan Jones berusaha melarikan diri lewat sebuah celah kecil di dinding liang. Setelah berhasil keluar, mereka menuju ke perkemahan Nazi. Sebuah pesawat ringan bersiap untuk menerbangkan Tabut itu ke Berlin, Jerman. Tetapi, Jones muncul secara tidak terduga. Ia merusak pesawat itu dan menggagalkan penerbangan.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Para petinggi Nazi kemudian memutuskan untuk mengirim Tabut itu melalui jalan darat dengan menggunakan truk. Meski demikian, Jones kembali berhasil menyusul mereka. Setelah berhasil membajak truk yang membawa Tabut itu, Jones pun mengirimnya ke London dengan menggunakan kapal uap yang juga ia tumpangi bersama Marion.

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Di dalam ruang penyimpanan kapal, peti tempat menyimpan Tabut itu terlihat secara misterius tiba-tiba mengeluarkan sebuah kekuatan gaib yang memusnahkan simbol Nazi di bagian luar peti.

Keesokan harinya, Nazi yang telah mengetahui keberadaan Tabut itu lalu mengejar kapal uap Jones. Mereka berhasil menyita Tabut itu kembali, sekaligus menyandera Marion.

Sementara itu, Jones yang sempat meloloskan diri kemudian menyelinap ke kapal Nazi. Ternyata, kapal itu bersandar di sebuah pulau kecil yang ada di Laut Aegean.

Di pulau itu, Belloq berniat untuk menguji kekuatan ajaib Tabut itu terlebih dahulu sebelum menyerahkannya pada Hitler. Jones menyamar menjadi bagian dari iring-iringan tentara yang membawa Tabut ke lokasi ritual.

Di tengah perjalanan, Jones mengungkap penyamarannya. Jones mengancam akan meledakkan pasukan itu dengan roket anti-tank. Tetapi, Belloq yang mengetahui bahwa Jones tidak akan pernah sanggup menghancurkan artefak bersejarah menantangnya untuk melakukan ancamannya. Jones menyerah dan ia pun ditangkap bersama Marion.

baca: Review Sinopsis Film A Walk in the Woods (2015), Petualangan Mencari Kedamaian dari Alam

Review Sinopsis Film Raiders of the Lost Ark Indiana Jones And The Temple Of Doom

Di malam harinya, Belloq dan pasukan Nazi telah bersiap melakukan ritual untuk membuka Tabut itu. Sementara, Jones dan Marion diikat ke sebuah tiang yang berada agak jauh dari lokasi ritual.

Belloq lalu memulai ritual itu dengan merapalkan beberapa mantera kuno. Setelah Tabut itu berhasil terbuka, ternyata di dalamnya hanya tersisa pasir yang merupakan bekas dari lembaran bersejarah yang telah hancur.

Jones memberitahu Marion untuk menutup matanya karena ia tahu sesuatu yang sangat buruk akan terjadi. Apa yang dikatakan Jones terbukti benar.

Dari dalam Tabut itu, muncul begitu banyak roh yang melayang dan mulai mengitari seluruh pasukan Nazi. Mereka rupanya adalah Malaikat Kematian yang terbangkitkan oleh ritual yang dilakukan oleh Belloq. Mereka menyerang seluruh pasukan Nazi hingga tak ada lagi yang bertahan hidup.

Sementara itu, sebagai sosok yang berada paling dekat dengan Tabut, kolonel Nazi yang bernama Dietrich, Toht, serta Belloq menerima akibat yang fatal. Api menjilat mereka semua dan melenyapkan pasukan itu. Terbentuk sebuah pusaran api sebelum seluruh roh yang sebelumnya keluar dari Tabut, masuk kembali ke dalamnya.

Jones dan Marion yang menutup mata mereka pun tak terluka sama sekali. Seluruh area itu menjadi kosong dan tali yang mengikat keduanya juga ikut hangus. Jones dan Marion yang gembira mengetahui bahwa mereka berhasil selamat kemudian berpelukan.

Jones akhirnya berhasil membawa Tabut Perjanjian itu ke Washington, D.C., sesuai tujuan misinya. Pihak intelijen militer Amerika Serikat meyakinkan Jones bahwa mereka akan menjaga Tabut itu dengan sebaik-baiknya. Mereka juga mengatakan bahwa Tabut itu kini sedang diawasi dan dipelajari oleh orang-orang andal.

Di bagian akhir cerita film Raiders of the Lost Ark, terlihat bahwa Tabut itu telah dimasukkan ke dalam sebuah peti kayu. Peti itu nampak disimpan di sebuah gudang fasilitas pemerintah bersama peti-peti lain serupa yang ada di sana.

baca: Sinopsis Film Upgrade (2018) Lengkap, Review Kisah Antara Teknologi dan Kehidupan

Begitulah ulasan review dan sinopsis film Raiders of the Lost Ark secara lengkap.

Film ini memberikan pengalaman menonton yang seru dengan rangkaian aksi Indiana Jones di sepanjang film. Harrison Ford juga memberikan penampilan maksimal lewat perannya sebagai arkeolog karismatik tersebut.

Nah, tertarik untuk menonton film Raiders of the Ark?

Sumber foto: Paramount Pictures

Raiders Of The Lost Ark Temple,
Raiders Of The Lost Ark Girl In Class,
Indiana Jones Movie Chronological Order,
Indiana Jones Indian Guy,
When Does Temple Of Doom Take Place,
Raiders Of The Lost Ark Cast,
Raiders Of The Lost Ark Rating,
Raiders Of The Lost Ark Face Melt,
Raiders Of The Lost Ark Series,
Indiana Jones And The Temple Of Doom,
Raiders Of The Lost Ark Summary,
Raiders Of The Lost Ark Characters,

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Drama Korea The World of the Married

Sinopsis The World of The Married Episode 9

Anime Yesterday Wa Utatte

Sinopsis Anime Yesterday Wo Utatte Episode 4