Review Sinopsis Film Black Panther
in

WOWWOW SUKASUKA

Review Sinopsis Film Black Panther (2018), Superhero Wakanda Forever

Wekepo.comSinopsis Film Black Panther, Pernah mendengar istilah “Wakanda Forever” yang tren di media sosial beberapa tahun lalu?

Nah, ungkapan itu sebenarnya datang dari sebuah film superhero produksi Marvel Studios yang berjudul Black Panther. Film yang dirilis pada 2018 lalu ini banyak mendapat pujian karena mengangkat tema tentang etnik Afrika dan orang kulit hitam dalam ceritanya.

Black Panther disutradarai oleh Ryan Coogler. Sementara itu, naskahnya juga ditulis oleh Ryan Coogler sendiri bersama Joe Robert Cole.

Jajaran para pemeran film Black Panther diisi oleh Chadwick Boseman yang berperan sebagai T’Challa atau Black Panther, Michael B. Jordan sebagai N’Jadaka alias Erik “Killmonger” Stevens, Lupita Nyong’o sebagai Nakia, Danai Gurira sebagai Okoye.

Pemain lain diantaranya Martin Freeman sebagai Everett K. Ross, Daniel Kaluuya sebagai W’Kabi, Letitia Wright sebagai Shuri, Winston Duke sebagai M’Baku, Angela Bassett sebagai Ramonda, Forest Whitaker sebagai Zuri, serta Andy Serkis sebagai Ulysses Klaue.

Detail Film Black Panther

Sutradara Ryan Coogler
Penulis Naskah
  • Ryan Coogler
  • Joe Robert Cole
Diadaptasi dari komikBlack Panther karya Stan Lee, Jack Kirby
Tanggal Rilis
  • 29 Januari 2018 (Dolby Theatre)
  • 16 Februar1 2018 (United States)
Durasi Tayang134 menit
Asal NegaraUnited States
Bahasa English
Genre / TemaFiksi, Superhero, Action

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang jalan cerita film Black Panther melalui sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis Film Black Panther (2018)

Cerita film Black Panther, dikisahkan bahwa ribuan tahun yang lalu di Benua Afrika, hiduplah lima suku yang mendiami tanah tersebut secara berdampingan. Namun, suatu hari, sebuah batu meteorit besar yang mengandung logam vibranium jatuh di atas tanah mereka.

Vibranium merupakan jenis logam langka yang tak ternilai harganya karena bisa menjadi bahan baku terbaik untuk pembuatan senjata dan berbagai peralatan teknologi. Oleh karena itu, kelima suku itu pun berusaha memperebutkan batu itu.

Salah satu prajurit dari kelima suku itu lalu menelan daun berbentuk hati dari sebuah tumbuhan yang memiliki kekuatan ajaib karena dipengaruhi batu tersebut. Prajurit ini kemudian memiliki kekuatan super melebihi manusia biasa dan menjadi sang Black Panther pertama.

Black Panther menyatukan sejumlah suku yang berseteru itu di bawah kepemimpinannya yang adil. Hanya suku Jabari yang tinggal di daerah pegunungan terpencil yang menolak untuk tunduk dan akhirnya memisahkan diri mereka.

Sementara itu, keempat suku yang lain sejak itu membentuk sebuah negara berdaulat bernama Wakanda. Selama berabad-abad, negara Wakanda memanfaatkan logam vibranium yang mereka miliki sebagai bahan baku untuk mengembangkan berbagai teknologi yang super canggih.

baca: Review Sinopsis Film Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018), Kisah Superhero Afrika

Banyak dari teknologi masyarakat Wakanda ini yang bahkan melampaui perkembangan teknologi di seluruh belahan dunia yang lain. Tetapi, masyarakat Wakanda menyadari bahwa jika sampai dunia luar mengetahui tentang aset dan kekayaan mereka ini, maka hal ini berpotensi mendatangkan bahaya untuk rakyat mereka.

Oleh karena itu, Negara Wakanda berpura-pura menciptakan citra di hadapan dunia bahwa mereka adalah negara dunia ketiga yang penduduknya hidup dalam kemiskinan. Mereka hidup secara terpisah dan jauh dari masyarakat lain, sehingga tidak ada yang benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya berlangsung di Negara Wakanda.

Pada tahun 1992, tahta kerajaan Wakanda kini dipegang oleh seorang pria bernama T’Chaka. Suatu hari, T’Chaka pergi untuk mengunjungi saudaranya, N’Jobu, yang menjadi semacam agen rahasia Wakanda yang tinggal di daerah Oakland, California.

T’Chaka mendapat informasi bahwa N’Jobu sebenarnya diam-diam mencoba mengkhianati Wakanda dengan cara menjual vibranium dari Wakanda pada seorang pengusaha senjata ilegal di pasar gelap yang bernama Ulysses Klaue.

N’Jobu tak menyangka bahwa temannya yang ia kenal selama ini di Oakland ternyata adalah Zuri, seorang agen dari Wakanda yang diam-diam ditugaskan T’Chaka untuk mengawasi N’Jobu. Berdasarkan hasil pengamatannya, Zuri pun membenarkan tuduhan T’Chaka tentang kejahatan yang dilakukan oleh N’Jobu.

Bertahun-tahun kemudian, T’Chaka meninggal dan tahta kerajaan Wakanda diturunkan pada putranya, T’Challa. Sebagai tangan kanan sekaligus pengawal kepercayaan T’Challa dalam bidang militer adalah Okoye. Okoye juga merupakan pemimpin dari resimen Dora Milaje di Wakanda yang semua prajuritnya terdiri dari wanita.

Review Sinopsis Film Black Panther

Hari berlangsungnya upacara pengangkatan T’Challa sebagai raja baru Wakanda akan segera tiba. T’Challa dan Okoye kemudian melakukan penjemputan Nakia, mantan kekasih T’Challa, yang sedang melakukan sebuah misi rahasia untuk Wakanda, agar Nakia bisa menghadiri upacara T’Challa.

Upacara pengangkatan T’Challa sebagai raja Wakanda disaksikan pula oleh ibu T’Challa, Ramonda, dan adik perempuan T’Challa, Shuri. Shuri sendiri adalah seorang gadis muda yang sangat cerdas dan memiliki keahlian tinggi dalam bidang teknologi. Ia adalah perancang di balik berbagai produk teknologi canggih di Negara Wakanda, termasuk kostum Black Panther yang dikenakan oleh kakaknya.

Review Sinopsis Film Black Panther

Namun, pada saat upacara itu digelar, datanglah pemimpin Suku Jabari yang bernama M’Baku. M’Baku menantang T’Challa dalam sebuah tradisi pertarungan di mana pemenangnya bisa menjadi Raja Wakanda.

Dalam pertarungan itu, T’Challa akhirnya berhasil mengalahkan M’Baku. T’Challa mengampuni nyawa M’Baku dan justru meminta M’Baku untuk bergabung dengan Wakanda, tetapi M’Baku menolak dan pergi.

Sementara itu, di sisi lain dunia, Klaue pergi ke salah satu museum di Kota London bersama pengawal kepercayaannya, Erik Stevens, untuk mencuri sebuah artefak Wakanda yang tersimpan di museum itu.

T’Challa yang mengetahui tentang ini lalu merencanakan misi perebutan kembali artefak itu. Bersama dengan Okoye dan Nakia, ia pergi ke Kota Busan, Korea Selatan, tempat Klaue akan menjual artefak tersebut pada seorang agen CIA bernama Everett K. Ross.

Review Sinopsis Film Black Panther

Pada tempat yang akan menjadi lokasi penyerahan artefak itu, T’Challa dan kelompoknya berusaha menghentikan Klaue. Baku tembak di antara kedua pihak pun tak terelakkan.

Setelah ia merasa terdesak, Klaue lalu mencoba untuk melarikan diri dari sana. Namun, dengan kekuatan super T’Challa sebagai Black Panther, ia pun berhasil mengejar dan menangkap Klaue.

Review Sinopsis Film Black Panther

Beberapa waktu berselang, Ross datang dan mengatakan bahwa T’Challa harus menyerahkan Klaue padanya untuk diadili di bawah hukum yang sah. Meskipun merasa sangat keberatan, T’Challa akhirnya setuju dan membiarkan Klaue untuk ditahan oleh Ross.

Klaue lalu mengungkapkan pada Ross bahwa sebenarnya citra yang ditampilkan oleh Negara Wakanda pada dunia selama ini hanyalah sebuah citra palsu. Ia mengatakan bahwa Negara Wakanda sebenarnya sangat maju dalam hal perkembangan teknologi.

Tak lama kemudian, Erik tiba-tiba datang dan menyerang mereka. Ia berhasil menyelamatkan Klaue dari penahanan Ross dan membuat Ross terluka parah saat mencoba melindungi Nakia. Baik Erik dan Klaue berhasil meloloskan diri dari T’Challa dan kelompoknya.

Bukannya mengejar Erik dan Klaue, T’Challa lebih memilih untuk menyelamatkan Ross yang mengalami luka fatal. Ia memutuskan untuk membawa Ross pergi ke Negara Wakanda untuk mendapatkan perawatan intensif yang dibantu dengan teknologi canggih di sana.

Ross lalu menjalani proses penyembuhan yang dilakukan oleh Shuri. Sementara itu, T’Challa menemui Zuri untuk menggali lebih banyak tentang sebuah fakta dari masa lalu ayahnya, yang T’Challa yakini memegang peranan penting dalam peristiwa yang terjadi belakangan itu.

baca: Review Sinopsis Film Spider-Man 2: Far From Home, Spider-Man Menyelamatkan Eropa

Zuri lalu menceritakan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada N’Jobu saat ayahnya mengunjungi N’Jobu pada tahun 1992. Dulu, N’Jobu berniat untuk menyelundupkan teknologi Wakanda pada orang-orang keturunan Afrika di seluruh dunia sehingga mereka bisa bangkit melawan para penguasa yang bertindak tidak adil pada mereka.

Tetapi, karena apa yang ia lakukan tetap saja sebuah kejahatan, T’Chaka pun memutuskan untuk menahan N’Jobu. Namun, saat akan ditahan, N’Jobu berusaha menyerang Zuri dan akhirnya memaksa T’Chaka untuk membunuh saudaranya itu seketika.

T’Chaka memerintahkan Zuri untuk berbohong tentang peristiwa yang menimpa N’Jobu. Sementara itu, putra N’Jobu sendiri yang saat itu masih kecil ditinggalkan begitu saja di Oakland untuk menutupi kebohongan itu. Putra N’Jobu itu tak lain adalah Erik yang kemudian akhirnya bekerja sebagai tentara operasi gelap Amerika Serikat dengan nama kode “Killmonger”.

Sementara itu, Killmonger yang kini telah mengetahui rahasia dari masa lalunya berniat untuk pergi ke Wakanda dan mengambil alih tahta dari T’Challa. Ia membunuh Klaue dan membawa jasadnya ke Wakanda. Pada para tetua suku Wakanda, Killmonger lalu mengajukan tantangan duel dengan T’Challa.

Review Sinopsis Film Black Panther

Dalam duel mereka, Killmonger berhasil membunuh Zuri dan melemparkan T’Challa dari atas air terjun. Secara sah, Killmonger kini menjadi raja baru Wakanda.

Killmonger mengunyah daun berbentuk hati yang bisa memberinya kekuatan super seperti Black Panther. Ia lalu memerintahkan seluruh tanaman itu dibakar, tetapi Nakia masih sempat mengambil sedikit bagian dari tanaman itu. Killmonger yang kini berkuasa lalu bersiap untuk membagikan senjata Wakanda pada berbagai pasukan militer di seluruh dunia.

Sementara itu, Nakia, Shuri, Ramonda, dan Ross pergi untuk meminta pertolongan pada Suku Jabari. Di sana, mereka justru menemukan T’Challa yang koma, yang telah diselamatkan oleh M’Baku sebagai bentuk balas budi karena T’Challa dulu telah mengampuni nyawanya dalam duel.

Review Sinopsis Film Black Panther

T’Challa kembali pulih setelah memakan daun ajaib yang telah diambil oleh Nakia. Ia kembali ke Wakanda untuk melawan Killmonger.

Review Sinopsis Film Black Panther

Resimen Dora Milaje serta orang-orang lain yang setia pada T’Challa kemudian bertempur melawan pasukan Killmonger. Di sisi lain, Ross menerbangkan sebuah pesawat jet untuk menggagalkan sejumlah pesawat Killmonger yang sedang dalam perjalanan untuk mengantar senjata vibranium ke dunia luar.

Review Sinopsis Film Black Panther

M’Baku dan Suku Jabari lalu datang untuk membantu pasukan T’Challa. Kedua pasukan lalu melakukan gencatan senjata setelah Okoye menemui pasukan Killmonger.

Review Sinopsis Film Black Panther

Sementara itu, pertarungan di antara T’Challa dan Killmonger masih berlangsung dalam tambang vibranium yang terdapat di Wakanda. Di akhir pertarungan sengit itu, T’Challa akhirnya berhasil merusak kostum pelindung Killmonger dan menusuknya.

Namun, Killmonger menolak untuk ditolong dan tunduk pada T’Challa. Ia mengatakan bahwa ia lebih memilih mati dibandingkan hidup sebagai tahanan.

Setelah peristiwa besar itu, T’Challa akhirnya kembali memimpin Wakanda. Ia kini membangun perwakilan Wakanda di Amerika Serikat, yang dikelola oleh Nakia dan Shuri, sehingga dunia luar bisa menjangkau mereka. T’Challa juga akhirnya mengungkap tentang kemajuan teknologi di Wakanda pada salah satu sidang PBB dan berniat untuk membagi perkembangan teknologi tersebut pada dunia.

Nah, itulah tadi ulasan dan sinopsis film Black Panther.

Kesimpulan Film Black Panther

baca: Review Sinopsis Film Shazam!, Movie Superhero Genre Komedi ala DC Universe

Film Black Panther adalah sebuah terobosan besar dalam industri perfilman Hollywood. Meskipun karakter kulit hitam pernah ditampilkan sebagai superhero dalam sejumlah film sebelumnya, Black Panther menandai tonggak penting ketika sosok kulit hitam benar-benar menjadi fokus cerita utama dalam sebuah film berskala besar.

Sumber foto: Marvel Studios

Written by Adelia

Menulis karena kesenangan adalah menulis kebebasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film The Grand Budapest Hotel

Review Sinopsis Film The Grand Budapest Hotel (2014), Kisah Sedih di Balik Megahnya Hotel Klasik Grand Budapest

Drama Korea Komedi Romantis 2020 Paling Rekomendasi Terpopuler Rating Tinggi

30+ Drama Korea Komedi Romantis 2020 Paling Rekomendasi Terpopuler Rating Tinggi